Bimbingan Karier pada Warga Binaan Pemasyarakatan di Masa Menjelang Bebas (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Rangkasbitung

Yuliyana, Siti (2023) Bimbingan Karier pada Warga Binaan Pemasyarakatan di Masa Menjelang Bebas (Studi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Rangkasbitung. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520005_COVER.pdf

Download (187kB)
[img] Teks
S_BKI_191520005_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (868kB)
[img] Teks
S_BKI_191520005_BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Teks
S_BKI_191520005_BAB II.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar

Download (867kB)
[img] Teks
S_BKI_191520005_BAB III.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar

Download (361kB)
[img] Teks
S_BKI_191520005_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya user terdaftar

Download (403kB)
[img] Teks
S_BKI_191520005_BAB V.pdf

Download (205kB)
[img] Teks
S_BKI_191520005_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (411kB)
[img] Teks
S_BKI_191520005_LAMPIRAN BELAKANG.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Bimbingan karier adalah bentuk upaya pelayanan dalam membantu mengembangkan bakat, minat serta keterampilan seseorang dalam segala aspek dibidang karier. Warga binaan pemasyarakatan di LAPAS Kelas III Rangkasbitung berhak mendapatkan pembinaan dan juga bimbingan karier untuk memperbaiki diri serta mengembangkan keterampilan guna mempersiapkan bekal setelah pembebasan. Penelitian ini bertujuan menjelaskan proses dari kegiatan bimbingan karier pada warga binaan pemasyarakatan dimasa menjelang bebas di LAPAS Kelas III Rangkasbitung, meliputi : 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Evaluasi dan 4) Faktor pendukung dan penghambat dibimbingan karier LAPAS Kelas III Rangkasbitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif untuk memberikan secara detail gambaran, informasi mengenai keadaan serta klarifikasi dari suatu yang diteliti. Data dikumpulkan menggunakan teknik kualitatif deskriptif dengan metode keabsahan triangulasi yakni : observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di bulan November 2022 penelitian terdahulu pada masa PPL (Praktikum Profesi Lapangan) dilanjutkan penelitian bulan Maret sampai Mei 2023. Data primer dengan jumlah 3 responden yaitu, H, N, dan M.A , data sekunder informan ada 6 yakni, keluarga dari warga binaan pemasyarakatan 2 orang yaitu, N.A, dan D, serta 4 orang pegawai yaitu, Ketua pembinaan, Staf dari bidang pembinaan, Bidang tata usaha, dan Bidang regu dan pengamanan. Kesimpulan dari penelitian ini: 1) Perencanaan bimbingan karier pada warga binaan pemasyarakatan di masa menjelang bebas di LAPAS Kelas III Rangkasbitung menggunakan rapat serta penyesuaian rencana anggaran kerja (RAK) sesuai dengan layanan yang telah dibentuk, 2) Pelaksanaan bimbingan karier pada warga binaan pemasyarakatan di masa menjelang bebas di LAPAS Kelas III Rangkasbitung dengan waktu yang telah disesuaikan dengan jadwal, dan kegiatan yang ada di dalam bimbingan karier yaitu: menjahit, mencukur, membuat kerajinan kayu, membuat gitar dan SAE (Sarana Asimilasi dan Edukasi) di dalamnya terdapat perkebunan serta peternakan, 3) Evaluasi di LAPAS Kelas III Rangkasbitung ini dengan melakukan pengamatan serta pengecekan hasil dari karya warga binaan pemasyarakatan, 4) Faktor pendukung yaitu sarana prasarana, pelatih, dukungan dari pegawai dan juga diberikan premi/upah. Untuk faktor penghambat terdapat sarana yang belum lengkap, pelatih yang terbatas, kekurangan bahan-bahan, keterbatasan waktu dan minat dari warga binaan pemasyarakatan untuk mengikuti kegiatan serta tanggung jawab dari segi menhan diri dari kondisi apapun.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I : Dr. Agus Sukirno, S.Ag,.M.Pd Pembimbing II : Peni Ramanda, S.Pd,.M.Pd
Kata Kunci (keywords): Career Guidance, Correctional Families
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 305 Kelompok sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 04 Aug 2023 07:47
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 05:08
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12859

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.