Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di Kelas XI SMAN 1 Anyer Kabupaten Serang)

Azkia, Nurul (2023) Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Eksperimen di Kelas XI SMAN 1 Anyer Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_181210170_Cover.pdf

Download (154kB)
[img] Teks
S_PAI_181210170_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_181210170_BAB I.pdf

Download (469kB)
[img] Teks
S_PAI_181210170_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (533kB)
[img] Teks
S_PAI_181210170_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (420kB)
[img] Teks
S_PAI_181210170_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (413kB)
[img] Teks
S_PAI_181210170_BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Teks
S_PAI_181210170_Daftar Pustaka.pdf

Download (198kB)

Abstrak

Pendekatan pembelajaran merupakan sudut pandang terhadap proses pembelajaran. Pendekatan pembelajaran sangalah penting tak terkecuali dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Idealnya, pendidikan yang berkualitas tentunya mengandung makna bahwa siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan pendidikan dan proses pembelajaran yang terjadi saat ini masih memiliki kekurangan, hal tersebut terjadi karena sistem pembelajaran yang diterapkan kurang mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis siswa dan rendahnya kemampuan dalam menyampaikan gagasan. Permasalahan itu bisa diatasi dengan cara mengembangkan Kurikulum 2013 dan menerapkan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa terutama pada materi Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir krtitis siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Anyer Kabupaten Serang dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di kelas XI SMA Negeri 1 Anyer Kabupaten Serang. Manfaat dari penelitian ini yaitu dapat mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam berpikir kritis serta ada dan tidaknya pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis metode penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimental desain. Populasi dalam penelitianadalah siswa kelas XI SMAN 1 Anyer yang berjumlah sekitar 349 siswa. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas XI MIIA 4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa dan kelas XI MIIA 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa, yang ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, dan teknik analisisnya menggunakan analisis deskriptif dan uji prasyarat hipotesis. Berdasarkan pada uji hipotesis diperoleh thitung = 3,858 > ttabel = 1,669 pada taraf signifikan 5% sehingga H0 ditolak yang artinya terdapat pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan bepikir kritis siswa. Dengan demikian kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan saintifik lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan pendekatan konvensional. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa berdasarkan data yang telah diolah, dianalisis, dan diintepretasikan maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pendekatan Saintifik, Berpikir Kritis, Pendidikan Agama Islam
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 04 Aug 2023 07:22
Perubahan Terakhir: 04 Aug 2023 07:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12852

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.