Tingkat Pemahaman Masyarakat Kabupaten Serang Terhadap Asuransi Syariah (Studi di Desa Garut, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang Banten)

Mahmudah, Siti Rifatul (2023) Tingkat Pemahaman Masyarakat Kabupaten Serang Terhadap Asuransi Syariah (Studi di Desa Garut, Kecamatan Kopo, Kabupaten Serang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_AS_161430025_COVER.pdf

Download (123kB)
[img] Teks
S_AS_161430025_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (509kB)
[img] Teks
S_AS_161430025_BAB I.pdf

Download (440kB)
[img] Teks
S_AS_161430025_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (464kB)
[img] Teks
S_AS_161430025_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (96kB)
[img] Teks
S_AS_161430025_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (568kB)
[img] Teks
S_AS_161430025_BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Teks
S_AS_161430025_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)

Abstrak

Tingkat pemahaman masyarakat Indonesia khususnya ruang lingkup pedesaan produk asuransi syariah tergolong masih tidak begitu penting dan masyarakat desa tersebut tidak paham apa itu asuransi syariah, dikarenakan kurangnya pengetahuan masyarakat desa terhadap Asuransi. Hal ini disebabkan karena Asuransi Syariah dianggap bukan kebutuhan pokok dalam suatu kehidupan. Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalah yang ingin dikaji penulis adalah sebagai berikut: 1. Bagaimana Tingkat pemahaman masyarakat Desa Garut terhadap asuransi syariah? 2. Faktor-faktor apa yang menyebabkan masyarakat Desa Garut minimnya pemahaman terhadap asuransi syariah? Penelitian ini sendiri memiliki tujuan yang berkaitan dengan rumusan permasalahan bertujuan diantaranya sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui pemahaman masyarakat Desa Garut terhadap Asuransi Syariah. 2.Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menyebabkan masyarakat Desa Garut minimnya dalam memahami Asuransi Syariah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atas lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati, yang mengkaji kualitas hubungan,kegiatan,situasi yang terjadi ditempat penelitian, Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa pengetahuan masyarakat mempunyai pengaruh terhadap Asuransi Syariah. Kesimpulan penelitian ini Berdasarkan dari hasil penelitian masyarakat Desa Garut Kecamatan kopo terhadap Asuransi syariah sebanyak 60 responden, 67% responden yang tidak mengetahui tentang asuransi, 33% responden yang sudah mengetahui Asuransi Syariah, masyarakat yang mengetahui Asuransi 10% responden tidak terlalu faham tentang asuransi tetapi memiliki Asuransi yang diberikan perusahaan atau didaftarkan keluarganya. Hal ini menunjukan bahwa adanya kurang pengetahuan juga kesadaran dari masyarakat Desa Garut terhadap Asuransi Syariah. Ketidak pahaman masyarakat terhadap Asuransi inipun karena kurangnya sosialisasi atau edukasi yang mendalam mengenai manfaat asuransi Yang mana usaha jasa asuransi syariah adalah sarana proteksi perlindungan resiko untuk membantu dan melindungi seseorang bila terjadi sesuatu atau peristiwa-peristiwa yang akan terjadi dimasa mendatang yang penuh ketidak pastian dan juga akan sangat merugikan financial seseorang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Tingkat Pemahaman, Asuransi Syariah
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 04 Aug 2023 07:06
Perubahan Terakhir: 04 Aug 2023 07:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12849

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.