Fajriah, Nur (2023) Peran Remaja Masjid (IRHAS) Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Remaja Kp. Solor-Lor – Bojonegara. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210076_Cover.pdf Download (24kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210076_Lampiran Depan.pdf Download (365kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210076_BAB I.pdf Download (303kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210076_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (575kB) |
||
Teks
S_PAI_181210076_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (235kB) |
||
Teks
S_PAI_181210076_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (518kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210076_BAB V.pdf Download (198kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210076_Daftar Pustaka.pdf Download (307kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus dengan menggunakan teknik wawancara, oservasi dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengamalan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada remaja Kp. Solor- Lor, peran remaja masjid (IRHAS) dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada remaja Kp.olor-Lor, faktor pendorong dan penghambat IRHAS dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada remaja Kp.Solor-Lor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum bergabung dalam organisasi IRHAS pengamalan nilai-nilai pendidikan agama Islam remaja Kp. Solor-Lor sudah cukup baik namun setelah bergabung dalam organisasi IRHAS pengamalan nilai-nilai pendidikan agama Islam mengalami peningkatan baik nilai keimanan, akhlak, ibadah dan sosial. Ikatan Remaja Harapan Ikhlas memiliki peranan penting dalam rangka menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam pada remaja. Melalui berbagai program kegiatan yang telah dibentuk IRHAS sebagai upaya menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam antara lain, kegiatan pengajian rutin mingguan, kegiatan khataman Al-Qur’an, kegiatan ziarah bersama dan penggalangan dana yatim piatu. Adapun faktor pendukung IRHAS dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Agama Islam antara lain, semangat dan antusias anggota, dukungan masyarakat dan pendanaan dari donaatur. Sedangkan faktor penghambat IRHAS dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Agama Islam yaitu, kepengurusan yang belum baik, kurangnya partisipasi remaja untuk bergabung dalam IRHAS, dan pendanaan yang kurang memadai.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Peran Remaja Masjid, Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 04 Aug 2023 04:38 |
Perubahan Terakhir: | 04 Aug 2023 04:38 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12838 |
Actions (login required)
Lihat Item |