Metode Pembiasaan Membaca Ayat Suci Al-Qur’an Pada Siswa SMA Negeri 5 Kota Serang Serta Dampaknya Terhadap Kedisiplinan Siswa

Hamimah, Hamimah (2023) Metode Pembiasaan Membaca Ayat Suci Al-Qur’an Pada Siswa SMA Negeri 5 Kota Serang Serta Dampaknya Terhadap Kedisiplinan Siswa. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210183_Cover.pdf

Download (73kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210183_Lampiran Depan.pdf

Download (727kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210183_BAB I.pdf

Download (232kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210183_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (495kB)
[img] Teks
S_PAI_181210183_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (212kB)
[img] Teks
S_PAI_181210183_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (719kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210183_BAB V.pdf

Download (206kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210183_Daftar Pustaka.pdf

Download (215kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkait bagaimana pelaksanaan pembiasaan membaca Al-Qur’an. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif yang bersifat deskriptif karena pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembiasaan membaca Al-Qur’an di SMA Negeri 5 Kota Serang ini dilaksanakan setiap hari jum’at pada pukul 07.15-08.15 WIB. secara terus menerus Tahapan pelaksanaanya yaitu: Pertama, guru menginstruksikan siswa untuk segera kelapangan dan membawa Al-Qur’an. Kedua, guru memulai pembukaan membaca doa dan sholawat. Ketiga, guru menginstruksikan siswa untuk membuka Al-Qur’an dan memulainya. Kemudian guru menutup pembiasaan membaca Al-Qur’an dengan nasehat dan motivasi pada siswa. Upaya yang guru lakukan meliputi: pembiasaan, keteladanan, nasehat dan motivasi. Faktor penghambat, adapun Faktor penghambatnya adalah kurangnya kedisplinan siswa dan karakter siswa yang beragam. Adapun faktor pendukungnya yaitu adanya dukungan dari pihak sekolah ataupun warga sekolah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pembiasaan membaca Al-Qur’an, Kedisiplinan Siswa
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 04 Aug 2023 02:11
Perubahan Terakhir: 04 Aug 2023 02:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12835

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.