PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN LAUNDRY (Studi Kasus pada Salwa Laundry di Kota Serang)

UBAEDILLAH, UBAEDILLAH (2017) PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN LAUNDRY (Studi Kasus pada Salwa Laundry di Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI "SMH" BANTEN.

[img] Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (105kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (255kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (457kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (471kB)
[img] Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (214kB)

Abstrak

Kualitas pelayanan di Salwa Laundry menurut pantauan penulis kurang maksimal seperti pakaian yang hendak dicuci terlihat menumpuk di luar atau depan toko sehingga mengganggu kenyamanan pelanggan, dan tempat parkir yang kurang memadai yang berakibat kurangnya minat konsumen untuk menggunakan jasa laundry di Salwa Laundry tersebut. Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1. Adakah pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan laundry di Salwa Laundry Kota Serang? 2. Seberapa besar pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan laundry di Salwa Laundry Kota Serang? 3. Bagaimana pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam perspektif islam? Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1. Untuk mengetahui adakah pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan laundry di Salwa Laundry Kota Serang. 2. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan laundry di Salwa Laundry Kota Serang. 3. Untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dalam perspektif islam? Metode yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan jumlah sampel 76 reponden, dan analisis yang digunakan diantaranya: uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji hipotesis, koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t hitung sebesar 9.460 sedangkan t tabel 1,665 ini berarti t hitung > t tabel (9.460 >1.665), maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas layanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar 54,1% dan sisanya 45,9% ditentukan oleh variabel lain, misalnya karena harga yang murah, tempat yang strategis. Pelayanan yang berkualitas yang diterima konsumen akan menumbuhkan kepercayan terhadap pelaku usaha sehingga dapat meningkatkan laba maupun keuntungan, karena pelayanan sendiri merupakan bagian dari manajemen pemasaran yang pada dasarnya untuk memberikan kepuasan terhadap konsumen yang akhirnya akan menjadi pelanggan tetap. Membangun kepercayaan itu penting dalam ajaran islam seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam berbisnis beliau tidak pernah berkata bohong, sehingga beliau dijuluki al-Amin artinya orang yang sangat dipercaya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Laundry, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 361 Sosial & masalah kesejahteraan sosial pada umumnya
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 16 Aug 2017 04:28
Perubahan Terakhir: 16 Aug 2017 04:28
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1281

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.