Amirah, Shofura (2023) Pengembangan Media Kartu Pecahan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Siswa Kelas IV di SDN 13 Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240047_Cover.pdf Download (90kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240047_Lampiran Depan.pdf Download (734kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240047_BAB I.pdf Download (111kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240047_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (427kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240047_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (360kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240047_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (569kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240047_BAB V.pdf Download (156kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240047_Daftar Pustaka.pdf Download (159kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran “Media Kartu Pecahan” untuk menghitung bilangan pecahan pada peserta didik kelas IV di SDN 13 Serang. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian penelitian dan pengembangan atau Research of Development (R&D) dan model pengembangan S.Thiagarajana yang memiliki 4 tahapan pengembangan yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate). Media yang dikembangkan di validasi oleh ahli media dan ahli materi sebelum dilakukannya uji coba terhadap peserta didik. Adapun data yang dikumpulkan menggunakan angket ahli media, angket ahli materi, angket peserta didik, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian di analisis menggunakan teknis analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil validasi dari ahli media mendapatkan skor 55 dengan persentase 85% dengan kriteria “Sangat Baik”, validasi ahli materi mendapatkan skor 49 dengan persentase 98% dengan kriteria “Sangat Baik”. Secara keseluruhan media pembelajaran “Media Kartu Pecahan” sudah layak digunakan untuk memudahkan menghitung bilangan pecahan pada peserta didik yang mengalami kesulitan menghitung bilangan pecahan. Berdasarkan hasil Pre-Test sebelum menggunakan “Media Kartu Pecahan” memperoleh nilai rata-rata 56%, kemudian setelah melaksanakan Post-Test menggunakan “Media Kartu Pecahan” memperoleh nilai rata-rata 83%, maka “Media Kartu Pecahan” sudah efektif digunakan untuk siswa dalam meningkatkan hasil belajar menghitung bilangan pecahan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Kartu Pecahan, Bilangan Pecahan, Peserta Didik |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 03 Aug 2023 04:16 |
Perubahan Terakhir: | 03 Aug 2023 04:16 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12809 |
Actions (login required)
Lihat Item |