Analisis Penerapan Sanksi Pembiayaan Berdasarkan Hukum Ekonomi Islam pada BPR Syariah Muamalah Cilegon

Firdaus, Ahmad Maulana (2023) Analisis Penerapan Sanksi Pembiayaan Berdasarkan Hukum Ekonomi Islam pada BPR Syariah Muamalah Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_171130168_COVER.pdf

Download (92kB)
[img] Teks
S_HES_171130168_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (448kB)
[img] Teks
S_HES_171130168_BAB I.pdf

Download (405kB)
[img] Teks
S_HES_171130168_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (292kB)
[img] Teks
S_HES_171130168_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (443kB)
[img] Teks
S_HES_171130168_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (445kB)
[img] Teks
S_HES_171130168_BAB V.pdf

Download (129kB)
[img] Teks
S_HES_171130168_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)

Abstrak

Pembiayaan syariah adalah jenis pembiayaan yang didalamnya berdasarkan prinsip dan ketentuan syariah sebagai landasan penyusunan produk dan layanan. Pengelolaan pembiayaan tidak selamanya lancar, seperti adanya keterlambatan pengembalian pinjaman (wanprestasi) sehingga pihak BPR Syariah Muamalah Cilegon memberikan sanksi berupa denda akibat keterlambatan dalam membayar angsuran tanpa adanya alasan yang jelas. Jadi masalah utama dalam penelitian ini adalah penerapan sanksi pembiayaan karena keterlambatan yang di sengaja oleh nasabah yang tidak melakukan pembayaran kepada BPR Syariah Muamalah Cilegon. Berdasarkan dari latar belakang diatas Perumusan masalahnya adalah :1) Bagaimana penerapan sanksi pembiayaan murabahah di BPR Syariah Muamalah Cilegon? 2) Bagaimana tinjauan hukum ekonomi Islam terkait penerapan sanksi pembiayaan di BPR Syariah Muamalah Cilegon? Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Mengidentifikasi penerapan sanksi pembiayaan murabahah di BPR Syariah Muamalah Cilegon. 2) Menganalisis tinjauan hukum ekonomi Islam terkait penerapan sanksi pembiayaan murabahah di BPR Syariah Muamalah Cilegon. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan jenis penelitian field research, sumber data yang digunakan adalah sumber data yang didapatkan dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, dan data sekunder yang didapatkan dari buku-buku, data-data dari hasil penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah pada analisis produk pembiayaan murabahah di BPR Syariah Muamalah Cilegon sudah sesuai dengan syariat Islam, karena menurut fiqih, bank boleh mengenakan sanksi keterlambatan berupa nominal uang tertentu kepada nasabah yang mampu tetapi menunda pembayaran. dan sesuai dengan Dewan Syariah Nasional MUI. DSN-MUI/IX/2000 tentang sanksi atas nasabah mampu yang menunda pembayaran. Penerapan sanksi denda ini tidak bertentangan prinsip-prinsip hukum ekonomi syariah dan sudah sesuai dengan syariat Islam. Tujuan penerapan sanksi ini bertujuan agar nasabah lebih bertanggung jawab dan memberikan efek jerah kepada nasabah agar kedepannya lebih baik lagi agar tidak melakukan perbuatan yang tidak semestinya karna dapat merugikan salah satu pihak, Sanksi denda ini sebatas ta’zir atau hukuman.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Penerapan Sanksi Pembiayaan Murabahah, Hukum Ekonomi Islam
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 02 Aug 2023 06:55
Perubahan Terakhir: 02 Aug 2023 06:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12791

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.