Tinjauan Hukum Islam Terhadap Transaksi Jual Beli dengan Menggunakan Voucher Belanja (Studi kasus di Carrefour Kota Serang)

Hasanah, Nidau (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Transaksi Jual Beli dengan Menggunakan Voucher Belanja (Studi kasus di Carrefour Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_181130082_COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Teks
S_HES_181130082_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (487kB)
[img] Teks
S_HES_181130082_BAB I.pdf

Download (473kB)
[img] Teks
S_HES_181130082_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (519kB)
[img] Teks
S_HES_181130082_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (466kB)
[img] Teks
S_HES_181130082_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (333kB)
[img] Teks
S_HES_181130082_BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Teks
S_HES_181130082_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (511kB)

Abstrak

Jual beli ialah salah satu kegiatan muamalah yang semakin tumbuh sesuai dengan berganti zaman, model dan bentuk dalam berbagai proses jual beli sejenis transaksi jual beli modern, transaksi jual beli modern tidak hanya memakai uang tunai akan tetapi memakai alternatif lain yakni: kartu kredit dan kupon atau voucher. Voucher ialah bentuk kertas yang diterbitkan oleh perusahaan besar, voucher memiliki nilai nominal yang akan dipakai sebagai alat ganti dalam aktivitas jual beli. Dalam permasalahan tentang jual beli voucher ini, penulis tertarik untuk mengkaji tentang: 1. Bagaimana Pelaksanaan dan Ketentuan Transaksi Jual Beli dengan Menggunakan Voucher Belanja di Carrefour Kota Serang?. 2. Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Transaksi Jual Beli dengan Menggunakan Voucher Belanja di Carrefour Kota Serang?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk Mengetahui Pelaksanaan dan Ketentuan Transaksi Jual Beli dengan Menggunakan Voucher Belanja di Carrefour Kota Serang?. 2. Untuk Mengetahui Tinjauan Hukum Islam Terhadap Transaksi Jual Beli dengan Menggunakan Voucher Belanja di Carrefour Kota Serang?. Penelitian ini menggunakan data penelitian lapangan (field research). Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi, dengan para konsumen dari Carrefour Kota Serang. Data sekunder umumnya berupa bukti, catatan atau laporan historis. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh bahwa:1) Penerapan voucher belanja oleh Pihak Carrefour kota Serang bentuknya menggunakan kartu yang nominalnya beragam yang berbentuk voucher dan bisa dibelanjakan oleh pihak pelanggan. Nominal sebuah voucher terendah adalah 50.000 ribu sampai 200.000 ribu namun masih banyak variasi nominal sebuah voucher lainnya. dari peggunaan voucher adalah dapat menggunakan voucher untuk berbelanja apapun yang berada dalam lingkup Carrefour tersebut. Dan kerugian dari penggunaan voucher adalah dimana voucher tersebut hanya bisa digunakan untuk 1 kali penggunaan dan saldonya pun harus dihabiskan sesuai dengan nominal tidak bisa disisakan, dan jelas ini sangat merugikan pihak konsumen. 2). Transaksi jual beli voucher di Carrefour kota Serang jika ditinjau dari kejelasan menurut hukum Islam memang telah sesuai, karena rukun dan syarat ketentuan yang di terapkan oleh Carrefour Kota Serang dalam pembelian jual beli voucher telah sesuai dengan syarat jual beli dalam hukum Islam. Dan jika cara pakai dalam penggunaan voucher menurut hukum Islam itu sendiri memperbolehkan jika tidak terjadi ketidakjelasan bahwa barang yang dibeli tersebuut ada pembeliannya jika masih ada jumlah rupiah didalam voucher. Namun jika tidak ada pengembaliannya maka tidak diperbolehkan. Namun yang terjadi di Carrefour Kota Serang tersebut adalah dari voucher yang habis masa berlaku atau sudah pernag digunakan akan hangus, sehingga penggunaan voucher belanja di Carrefour Kota Serang tidak sesuai dengan prinsip hukum Islam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Tinjauan Hukum Islam, Transaksi Menggunakan Voucher Belanja
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual beli
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 02 Aug 2023 06:41
Perubahan Terakhir: 02 Aug 2023 06:41
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12789

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.