Tinjauan Hukum Islam terhadap Praktik Jual Beli dengan Sistem Capit Online (Studi di Online Tiktokshop @capit.bonusbylinda)

Azahra, Difa Paramadina (2023) Tinjauan Hukum Islam terhadap Praktik Jual Beli dengan Sistem Capit Online (Studi di Online Tiktokshop @capit.bonusbylinda). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_191130025_COVER.pdf

Download (112kB)
[img] Teks
S_HES_191130025_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (544kB)
[img] Teks
S_HES_191130025_BAB I.pdf

Download (474kB)
[img] Teks
S_HES_191130025_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (296kB)
[img] Teks
S_HES_191130025_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (414kB)
[img] Teks
S_HES_191130025_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (401kB)
[img] Teks
S_HES_191130025_BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Teks
S_HES_191130025_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)

Abstrak

Sistem capit online merupakan transaksi jual beli secara online yang menggunakan akad salam, yang dimana pembeli terlebih dahulu membayar transaksi, kemudian penjual akan memproses transaksi dengan cara mencapit barang apa saja yang dilakukan secara random (acak) dan pembeli juga dapat menyaksikannya secara langsung melalui live streaming (siaran langsung) melalui media Tiktok. Mengingat semakin berkembangnya era digital, semakin banyak pula berbagai sistem yang digunakan oleh pedagang upaya menarik perhatian pembeli. Namun, masih banyak masyarakat yang kurang memperhatikan transaksi jual-beli tersebut apakah telah memenuhi kriteria sesuai dalam Islam seperti terhindar dari riba maupun gharar. Berdasarkan hasil pemaparan di atas, maka penulis dapat merumuskan permasalahan penelitian ini sebagai berikut: 1.) Bagaimana praktik jual beli dengan sistem capit online di TiktokShop @capit.conusbylinda? 2.) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap jual beli dengan sistem capit online di TiktokShop @capit.bonusbylinda? Adapun penelitian ini bertujuan untuk: 1.) Mengetahui praktik jual beli dengan sistem capit online di TiktokShop @capit.conusbylinda. 2.) Mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap jual beli dengan sistem capit online di TiktokShop @capit.bonusbylinda. Penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif-empiris yang bersifat deskriptif-analisis melalui penelitian lapangan (field research). Metode penelitian kualitatif-empiris merupakan metode penelitian yang dalam hal ini menggabungkan unsur hukum empiris yang kemudian didukung dengan penambahan data dari lapangan (wawancara dengan owner akun TiktokShop @capit.bonusylinda) dan dipadukan dengan data sekunder (buku, jurnal dan peraturan perspektif hukum Islam). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1.) Praktik jual beli online pada akun TiktokShop @capit.bonusbylinda pada dasarnya sama seperti jual beli online pada umumnya. Namun yang membedakannya akun TiktokShop @capit.bonusbylinda menggunakan marketing dengan teknik sistem capit online. 2.) Tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli online pada akun TiktokShop @capit.bonusbylinda ialah akun TiktokShop @capit.bonusbylinda tidak memenuhi syarat jual beli akad salam secara sempurna. Sebab tidak menyebutkan takaran ataupun jumlah barang yang akan didapat kepada para pembeli secara jelas dan detail terkait sifat-sifat barang. Dari hal tersebut dapat menjadikan jual beli seperti itu termasuk jual beli yang gharar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hukum Islam, Praktik Jual Beli, Sistem Capit Online, TiktokShop
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual beli
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 02 Aug 2023 04:05
Perubahan Terakhir: 02 Aug 2023 04:05
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12783

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.