Islamiyah, Uswatunnida (2023) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas VI Pada Pelajaran Matematika Materi Lingkaran Di MI Nurul Falah 3 Mekarjaya Sepatan Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240082_Cover.pdf Download (130kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240082_Lampiran Depan.pdf Download (754kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240082_BAB I.pdf Download (191kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240082_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (484kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240082_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (306kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240082_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (812kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240082_BAB V.pdf Download (155kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240082_Daftar Pustaka.pdf Download (171kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran matematika materi lingkaran kelas VI, (2) Untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran matematika materi lingkaran, (3) Untuk mendeskripsikan upaya untuk mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VI pada mata pelajaran matematika materi lingkaran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI MI Nurul Falah 3 Mekarjaya Sepatan Kabupaten Tangerang dengan jumlah subyek ad 20 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan tes tulis, dokumentasi dan tabel analisis kesulitan belajar siswa pada pembelajaran matematika dalam memahami materi lingkaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran matematika di kelas VI, yaitu guru menjelaskan materi tentang lingkaran, keliling lingkaran, dan luas lingkaran kemudian guru memberikan gambaran serta contoh-contoh yang berkaitan dengan materi tersebut. (2) Faktor internal yang mempengaruhi kesulitan belajar pada siswa yaitu menganggap sulit pelajaran matematika, minimnya kemampuan dasar yang dimiliki siswa, kurangnya minat dan motivasi siswa untuk mempelajari matematika. Faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar adalah kondisi kelas yang ramai atau tidak kondusif, teman sepermainan dan metode atau cara guru dalam menyampaikan materi. (3) Upaya yang dilakukan sekolah untuk mengatasi kesulitan belajar yaitu dengan cara Memberikan motivasi, metode mengajar yang bervariasi, latihan yang cukup dan berulang-ulang, dan memberikan program perbaikan atau remedial.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kesulitan Belajar, Materi Lingkaran, Matematika |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 02 Aug 2023 04:00 |
Perubahan Terakhir: | 02 Aug 2023 04:00 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12782 |
Actions (login required)
Lihat Item |