Zahra, Hanna Wilantika (2023) Implementasi Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa di SD Negeri Tegalkembang Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_191240009_Cover.pdf Download (212kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240009_Lampiran Depan.pdf Download (664kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240009_BAB I.pdf Download (234kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_191240009_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (280kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240009_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (347kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240009_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (839kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_191240009_BAB V.pdf Download (207kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240009_Daftar Pustaka.pdf Download (209kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi penanaman nilai nilai karakter pada siswa di SD Negeri Tegalkembang Kota Serang. Sekolah sebagai lembaga pendidikan juga memiliki peran untuk membentuk nilai nilai karakter melalui pendidikan karakter yang diimplementasikan di sekolah. Ada berbagai macam peristiwa dalam pendidikan yang semakin merendahkan harkat dan derajat manusia salah satunya kurangnya nilai karakter yang baik disetiap siswa oleh karena itu perlu diadakan penanaman nilai nilai karakter yang bisa di implementasikan ke dalam pembelajaran, seperti PKn. Teknik analisis data menggunakan 1) Kondensasi data, (2) Data display, (3) Memverifikasi kesimpulan, Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi. Berdasarkan tempatanya dan objeknya, penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Metode analisis yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada 18 indikator dan yang sesuai dalam visi sekolah ada 3 indikator yaitu, pertama, disiplin peduli lingkungan, dan religius, Dari berbagai indikator yang telah dipaparkan di atas berdasarkan hasil observasi maka telah ditemukan juga ketiatan implementasi nilai karakter siswa yang dilakukan di SD Negeri Tegalkembang Kota Serang ini seperti bentuk punishment yang dilakukan oleh guru ketika siswa mendapatkan prestasi atau sikap yang baik, Dan jika ada siswa yang melanggar aturan seperti datang terlambat sudah tiga kali maka diadakan pemanggilan orangtua untuk diberikan arahan dalam menerapkan nilai karakter, adapun juga pelibatan warga sekitar dalam lingkungan sekolah yaitu dengan memberikan contoh sikap yang baik, selain itu juga sekolah menerapkan aturan bahwa pedagang asongan tidak boleh memasuki lingkungan sekolah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Nilai Karakter, Pembelajaran, Sekolah Dasar |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 02 Aug 2023 03:29 |
Perubahan Terakhir: | 02 Aug 2023 03:29 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12780 |
Actions (login required)
Lihat Item |