Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan (Kuasi Eksperimen di Kelas V SD di Kecamatan Cipocok Jaya)

Aftina, Lita Nur (2023) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan (Kuasi Eksperimen di Kelas V SD di Kecamatan Cipocok Jaya). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240044_Cover.pdf

Download (27kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240044_Lampiran Depan.pdf

Download (650kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240044_BAB I.pdf

Download (290kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_191240044_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (476kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240044_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (404kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240044_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (881kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240044_BAB V.pdf

Download (200kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240044_Daftar Pustaka.pdf

Download (264kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan. Hal ini disebabkan oleh karena pembelajaran yang diterapkan kurang optimal sehingga pemahaman siswa dalam konsep dasar pecahan masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen, desain penelitiannya adalah Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis berupa tes tertulis yaitu soal esay. Hasil yang diperoleh berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan Independent sampel T-test (Uji-t) dan taraf signifikansi 0,05. Diperoleh nilai sig. (2-tailed) memiliki nilai sebesar 0,002, yaitu nilai 0,002 < 0,05. Hal ini dapat dikatakan bahwa diterima dan ditolak. Dengan kata lain terdapat pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap keampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan di kelas V SD.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Berpikir Kritis, Matematika, Pecahan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 02 Aug 2023 02:14
Perubahan Terakhir: 05 Jan 2024 04:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12775

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.