Aftina, Lita Nur (2023) Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan (Kuasi Eksperimen di Kelas V SD di Kecamatan Cipocok Jaya). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_191240044_Cover.pdf Download (27kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240044_Lampiran Depan.pdf Download (650kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240044_BAB I.pdf Download (290kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_191240044_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (476kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240044_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (404kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240044_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (881kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_191240044_BAB V.pdf Download (200kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240044_Daftar Pustaka.pdf Download (264kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan. Hal ini disebabkan oleh karena pembelajaran yang diterapkan kurang optimal sehingga pemahaman siswa dalam konsep dasar pecahan masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen, desain penelitiannya adalah Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis berupa tes tertulis yaitu soal esay. Hasil yang diperoleh berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan Independent sampel T-test (Uji-t) dan taraf signifikansi 0,05. Diperoleh nilai sig. (2-tailed) memiliki nilai sebesar 0,002, yaitu nilai 0,002 < 0,05. Hal ini dapat dikatakan bahwa diterima dan ditolak. Dengan kata lain terdapat pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap keampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan di kelas V SD.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), Berpikir Kritis, Matematika, Pecahan |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 02 Aug 2023 02:14 |
Perubahan Terakhir: | 05 Jan 2024 04:48 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12775 |
Actions (login required)
Lihat Item |