Analisis Kepemilikan dan Pemanfaatan Air Cibulakan dalam Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di PT. Lia Putri Berkah Abadi dan Masyarakat Sekitar Pemandian Cibulakan)

Gunawan, Gugun (2023) Analisis Kepemilikan dan Pemanfaatan Air Cibulakan dalam Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di PT. Lia Putri Berkah Abadi dan Masyarakat Sekitar Pemandian Cibulakan). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_191130168_Cover.pdf

Download (105kB)
[img] Teks
S_HES_191130168_Lampiran Depan.pdf

Download (583kB)
[img] Teks
S_HES_191130168_Bab I.pdf

Download (499kB)
[img] Teks
S_HES_191130168_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (118kB)
[img] Teks
S_HES_191130168_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_HES_191130168_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (523kB)
[img] Teks
S_HES_191130168_Bab V.pdf

Download (155kB)
[img] Teks
S_HES_191130168_Daftar Pustaka.pdf

Download (390kB)

Abstrak

Kepemilikan air pada dasarnya adalah milik Allah SWT yang diberikan kepada makhluknya untuk dimanfaatkan sebagaimana semestinya, di desa Sukadana, kecamatan Ciomas, serang banten terdapat pabrik yang memproduksi AMDK gelas dan pengisian galon yang dimana air sebagai bahan dasar produksi itu diambil dari Cibulakan yaitu kolam umum yang biasa digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Perumusan masalahnya adalah: 1) Bagaimana kepemilikan air Cibulakan yang diambil oleh PT. Lia Putri Berkah Abadi. 2) Bagaimana pemanfaatan air Cibulakan yang dimanfaatkan oleh PT. Lia Putri Berkah Abadi. 3) Bagaimana Analisis Kepemilikan dan Pemanfaatan Air Cibulakan Dalam Ekonomi Syariah. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menjelaskan bagaimana kepemilikan air Cibulakan yang dambil oleh PT. Lia Putri Berkah Abadi. 2) Menjelaskan bagaimana pemanfaatan air Cibulakan yang dimanfaatkan oleh PT. Lia Putri Berkah Abadi. 3) Menjelaskan bagaimana Analisis Kepemilikan dan Pemanfaatan Air Cibulakan Dalam Ekonomi Syariah. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dan penelitian lapangan (field research), dengan analisis sumber data yaitu data primer yang diproleh dari wawancara dengan direktur utama PT. Lia putri berkah abadi dan masyarakat sekitar pemandian umum Cibulakan, dan data sekunder yang diperoleh dari buku-buku, jurnal, dan artikel yang relevan dengan penelitian, teknik pengumpulan data menggunakan data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan metode analisis datanya menggunakan analisa kualitatif dan metode yang dipakai Miles, Huberman dan Saldana yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan yang dapat diambil adalah: 1) Kepemilikan air Cibulakan yang diambil oleh PT. Lia putri berkah abadi airnya menjadi milik PT. Lia putri berkah abadi dan menjadi hak PT. Lia putri berkah abadi untuk menjual atau memberikannya karena sudah mendapat izin dari warga dan pemerintah daerah serta pengambilan air yang tidak merusak pusat kolam mata air dan merugikan warga. 2) Air Cibulakan yang diambil oleh PT. Lia putri berkah abadi dimanfaatkan untuk bahan dasar produksi dan kepentingan-kepentingan PT. Lia putri berkah abadi, dimanfaatkan juga untuk pengairan masjid, mushala, pesantren, dan warga sekitar PT. Lia putri berkah abadi. 3). Analisis kepemilikan dan pemanfaatan air Cibulakan oleh PT. Lia putri berkah abadi dalam hukum ekonomi syariah sudah sesuai dengan syara’ karena pengambilan airnya sudah mendapatkan izin dari warga dan pemerintah daerah, air menjadi kepemilikan individu karena sebab ihrazul mubahat, tidak mengambi dan menghargakan dari pusat mata air, dan pemnfaatanya dilihat dari asas-asas dan pemanfaatan kepemilikan yang diterapkan melalui tujuan pertama didirikan PT, visi dan misi, serta penyaluran air ke masjid, mushala, pesantren dan warga.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 01 Aug 2023 07:28
Perubahan Terakhir: 01 Aug 2023 07:28
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12768

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.