تنويعات "ما" ومعانيها في سورة طه (دراسة تحليلية نحوية وبلاغية)

Faijah, Umi (2023) تنويعات "ما" ومعانيها في سورة طه (دراسة تحليلية نحوية وبلاغية). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BSA_191360035_Cover.pdf

Download (265kB)
[img] Teks
S_BSA_191360035_Lampiran Depan.pdf

Download (858kB)
[img] Teks
S_BSA_191360035_BAB I.pdf

Download (521kB)
[img] Teks
S_BSA_191360035_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (509kB)
[img] Teks
S_BSA_191360035_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (429kB)
[img] Teks
S_BSA_191360035_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (521kB)
[img] Teks
S_BSA_191360035_BAB V.pdf

Download (411kB)
[img] Teks
S_BSA_191360035_Daftar Pustaka.pdf

Download (376kB)

Abstrak

Surat Thaha merupakan surat ke-2- dalam Al-Qur’an. Surat ini terdiri atas 135 Ayat dan termasuk kedalam surat Makiyah. Dalam ilmu tata bahasa terbagi 3 macam, yaitu: isim, fi’il, dan huruf. Dalam bahasa Arab dikenal beberapa kategori huruf, yang secara garis besarnya dapat dikelompokkan menjadi 2 macam, yaitu: mabni dan ma’ani. Salah satu huruf ma’ani pada pembahasan penelitian ini yaitu huruf Maa. Peneliti memilih huruf Maa karena memiliki beragam variasi makna yang menarik, yang perlu dibahas pada penelitian ini. Sebab banyak orang yang mengira bahwa huruf Maa hanya memiliki satu makna, makna tersebut sangat mempengaruhi makna dalam kalimat terutama dalam kitab suci Al-Qur’an. Peneliti ingin mengetahui makna-makna huruf Maa dalam Al-Qur’an surat Thaha. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) Apa saja variasi Maa yang terdapat dalam Al-Qur’an surat Thaha? (2) Bagaimana perbedaan struktur Maa lil ‘aqil wa ghoiru ‘aqil? (3) Apa saja makna Maa yang terkandung dalam surat Thaha?. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mengetahui apa saja variasi Maa yang terdapat dalam surat Thaha. (2) perbedaan struktur Maa lil ‘aqil wa ghoiru ‘aqil (3) Mengetahui makna Maa yang terkandung dalam surat Thaha. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah metode Deskriptif Kualitatif. Kemudian langkah-langkah peneliti dalam mengumpulkan data ialah dengan mengidentifikasi huruf Maa, mengelompokkan huruf Maa yang terdapat dalam surat Thaha, serta mencari penafsiran pada ayat yang terdapat dalam surat Thaha. Maa terbagi menjadi 2, Maa ismiyah dan Maa harfiyah setiap keduanya terbagi menjadi 3 macam. Maa ismiyah yaitu: nakiroh mudhammanah, ma'rifah, dan nakiroh mujarodah. Dan adapun Maa harfiyah yaitu: nafiyah, mashdariyah, dan zaidah. Penulis menemukan kesimpulan huruf Maa pada surat Thaha. 1) Variasi maa dalam surat Thaha yaitu, nakiroh mudhammanah, ma'rifah, nafiyah, mashdariyah, zaidah. Dan maa pada surat Thaha berjumlah 35 huruf pada 27 ayat. 2) hakikat Maa yaitu digunakan untuk sesuatu yang tidak berakal, tetapi Maa bisa digunakan untuk sesuatu yang berakal pada 3 masalah: a. Jika bersanding yang berakal dan tidak berakal (terdapat pada surat Thaha ayat 6), b. Jika yang berakal menempati tempatnya yang tidak berakal (terdapat pada surat Thaha ayat 96), c. Maa digunakan untuk sesuatu yang belum dipahami oleh pembicara (tidak ditemukan contoh seperti ini dalam surat Thaha). 3) makna Maa pada surat Thaha yaitu: analisis nahwu; a. Maa ma'rifah dengan makna naqhisoh mauhsulah pada 15 ayat, b. Maa nafiyah dengan makna ghoiru amilah pada 3 ayat, c. Maa mashdariyah dengan makna ghoiru dzhorfoyah pada 1 ayat, d. Maa zaidah dengan makna kaafah pada 3 ayat, dan analisis balaghoh; Maa nakiroh mudhammanah pada 6 ayat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Surat Thaha, Maa Ismiyah, Maa Harfiyah
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 28 Jul 2023 08:24
Perubahan Terakhir: 28 Jul 2023 08:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12720

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.