Analisis Implementasi Good Corporate Governance pada Baznas Kota Tangerang Dengan pendekatan Indek Zakat Nasional

Dika, Muhamad Yusuf Rama (2023) Analisis Implementasi Good Corporate Governance pada Baznas Kota Tangerang Dengan pendekatan Indek Zakat Nasional. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_ES_191410104_COVER.pdf

Download (202kB)
[img] Teks
S_ES_191410104_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_ES_191410104_BAB I.pdf

Download (661kB)
[img] Teks
S_ES_191410104_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (319kB)
[img] Teks
S_ES_191410104_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (350kB)
[img] Teks
S_ES_191410104_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (455kB)
[img] Teks
S_ES_191410104_BAB V.pdf

Download (189kB)
[img] Teks
S_ES_191410104_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (755kB)

Abstrak

BAZNAS merupakan Badan Amil Zakat Nasional yang bertanggung jawab untuk mengelola zakat, infak, dan sedekah di Indonesia. Sebagai organisasi nirlaba, BAZNAS harus menerapkan tata kelola yang baik untuk memastikan efektivitas dan efisiensi pengelolaan dana zakat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan implementasi Good Corporate Governance pada BAZNAS Kota Tangerang, serta mengevaluasi kesempatan dan hambatan dalam implementasi tersebut. Perumusan masalah pada penelitian ini antara lain: bagaimana implementasi Good Corporate Governance pada BAZNAS Kota Tangerang dengan pendekatan Indeks Zakat Nasional? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Good Corporate Governance pada BAZNAS Kota Tangerang dengan pendekatan Indeks Zakat Nasional (IZN). Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Kualitatif deskriptif atau studi kasus dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi sebagai alat pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BAZNAS Kota Tangerang telah berhasil menerapkan beberapa prinsip Good Corporate Governance dengan baik, seperti transparansi, akuntabilitas, dan keterlibatan pemangku kepentingan. Namun, penelitian juga menunjukkan beberapa kelemahan dalam implementasi Good Corporate Governance, seperti kurangnya kesadaran akan pentingnya tata kelola yang baik dan terbatasnya sumber daya manusia yang terlatih. Selain itu, Dalam kesimpulan, penelitian ini merekomendasikan beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh BAZNAS Kota Tangerang untuk meningkatkan implementasi Good Corporate Governance, seperti meningkatkan kesadaran akan pentingnya tata kelola yang baik, memperkuat pengawasan internal, dan meningkatkan keterlibatan pemangku kepentingan. Penelitian ini juga memberikan kontribusi pada pengembangan pengetahuan tentang implementasi tata kelola Good Corporate Governance pada organisasi nirlaba di Indonesia.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Implementasi, tata kelola, dan good corporate governance
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi Keuangan
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 18 Jul 2023 08:21
Perubahan Terakhir: 18 Jul 2023 08:21
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12660

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.