Bimbingan Keagamaan dalam Membentuk Kepribadian pada Perempuan Muslimah (Studi pada Komunitas Muslimah Talks, Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor)

Oktavia, Mega (2023) Bimbingan Keagamaan dalam Membentuk Kepribadian pada Perempuan Muslimah (Studi pada Komunitas Muslimah Talks, Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520175_Cover.pdf

Download (22kB)
[img] Teks
S_BKI_191520175_Lampiran Depan.pdf

Download (764kB)
[img] Teks
S_BKI_191520175_BAB I.pdf

Download (276kB)
[img] Teks
S_BKI_191520175_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (307kB)
[img] Teks
S_BKI_191520175_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (197kB)
[img] Teks
S_BKI_191520175_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (550kB)
[img] Teks
S_BKI_191520175_BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Teks
S_BKI_191520175_Daftar Pustaka.pdf

Download (160kB)

Abstrak

Setiap individu pada dasarnya memiliki kepribadian dengan karakteristik masing-masing. Sebagai seorang perempuan muslimah, tentunya kepribadian yang harus dimiliki adalah kepribadian yang Islami. Komunitas Muslimah Talks hadir memberikan fasilitas untuk membentuk kepribadian pada perempuan muslimah dalam bimbingan keagamaan melalui program-programnya. Tujuan Penelitian: 1) untuk mengetahui pelaksanaan program-program bimbingan keagamaan Komunitas Muslimah Talks dalam membentuk kepribadian pada perempuan muslimah, 2) untuk mengetahui hasil analisis atas pelaksanaan bimbingan keagamaan Komunitas Muslimah Talks dalam membentuk kepribadian pada perempuan muslimah 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan bimbingan keagamaan pada Komunitas Muslimah Talks dalam membentuk kepribadian pada perempuan muslimah. Metode penelitian: Penelitian deskriptif pendekatan kualitatif dengan purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Jumlah sampel penelitian ini adalah 8 orang yang terdiri dari 4 orang pengurus (penggagas, pembina, ketua dan mentor) komunitas dan 4 orang anggota sampel Komunitas Muslimah Talks. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian: 1) Pelaksanaan program, yaitu Kajian Muslimah Talks menggunakan metode Ceramah, Talkshow, Diskusi, Cerita dan Kajian Nobar Film. Kelas Pra Ramadhan dengan tagline “Brand New Day” terdiri dari lima kegiatan, yaitu Happy New Me, The Power Of Knowledge, Qur’an Booster, Gado-gado Fiqih Ramadhan dan Garden Party. Taman Baca dengan dua metode, yaitu Taman Baca di tempat di Taman Sentraland Parungpanjang dan Safari Muslimah Talks yang dilaksanakan berbeda kampung di setiap pekannya. Konten-konten dakwah dibagikan melalui akun instagram muslimahtalks.id. Adapun mentoring dilaksanakan dengan tiga sesi, yaitu mengaji, materi umum keIslaman dan materi-materi syariat serta akhlak. 2) Hasil analisis atas pelaksanaan bimbingan keagamaan Komunitas Muslimah Talks yang menunjukan adanya perubahan pada kepribadian perempuan muslimah anggota Komunitas Muslimah Talks, yaitu dalam aspek kejasmanian ditandai dengan muslimah berpakaian sopan dan rapih serta muslimah bersikap santun dan toleran. Dalam aspek kejiwaan ditandai dengan muslimah mampu mengatasi overthinking, muslimah mampu mengatasi rasa kesepian dengan bercerita dengan orang lain dan muslimah menjadi percaya diri serta lebih bersyukur. Adapun dalam aspek kerohanian yang luhur ditandai dengan muslimah konsisten dalam melaksanakan shalat wajib, muslimah mampu melaksanakan shalat sunnah dan muslimah konsisten dalam membaca Al-Qur’an. 3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan bimbingan keagamaan Komunitas Muslimah Talks, yaitu semangat dari pengurus, tersedianya sarana dan prasarana serta tersedianya narasumber. Adapun faktor penghambatnya, yaitu kapasitas peserta yang tentatif dan akses transportasi menuju tempat kajian.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Bimbingan Keagamaan, Kepribadian, Perempuan Muslimah
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 13 Jul 2023 03:51
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 04:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12647

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.