Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk Penguatan Kontrol Diri dalam Pergaulan Pada Remaja Tengah (Studi di Desa Karang Kepuh Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang)

Putri, Anisa (2023) Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok untuk Penguatan Kontrol Diri dalam Pergaulan Pada Remaja Tengah (Studi di Desa Karang Kepuh Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520134_COVER.pdf

Download (201kB)
[img] Teks
S_BKI_191520134_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (636kB)
[img] Teks
S_BKI_191520134_BAB I.pdf

Download (447kB)
[img] Teks
S_BKI_191520134_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (699kB)
[img] Teks
S_BKI_191520134_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (439kB)
[img] Teks
S_BKI_191520134_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (399kB)
[img] Teks
S_BKI_191520134_BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Teks
S_BKI_191520134_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (480kB)

Abstrak

Masalah yang sering muncul di kalangan remaja dalam kehidupan banyak diakibatkan oleh ketidakmampuan mereka dalam mengendalikan diri. Pertahanan diri yang lemah merupakan faktor yang ada di dalam diri individu untuk mengontrol dan mempertahankan diri terhadap pengaruh-pengaruh negatif dari lingkungan. Saat melakukan seseuatu mereka cenderung memikirkan kesenangan masa kini tanpa memikirkan masa depan yang akan mendatang. Permasalahan kontrol diri yang terdapat di Kampung Cinagreg Indah RT/RW 009/003 adalah merokok, begadang semalaman sehingga waktu tidurnya dihabiskan untuk begadang dan paginya bolos sekolah, ketidakmampuan mengontrol diri dan tidak mengetahui bagaimana cara mengontrol diri dan hanya memikirkan kesenangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk kontrol diri remaja tengah sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dan mengetahui bagaimana bentuk kontrol diri remaja tengah setelah diberikan layanan bimbingan kelompok. peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif hasil penelitian dijabarkan secara deskriptif. Yang menjadi responden adalah 5 orang remaja tengah yang berusia 15-18 tahun yang sesuai dengan kriteria penelitian. Dari hasil lembar refleksi atau lembar penilaian segera yang sudah diisi oleh tiap-tiap responden, dapat diketahui bahwa 1) sebelum dilakukannya bimbingan kelompok bentuk kontrol diri responden yaitu mudah marah dan tersinggung, mudah meledak saat marah, berperilaku ceroboh atau hanya mementingkan kesenangan masa kini, menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak membawa dampak positif. 2) setelah dilakukan bimbingan kelompok bentuk kontrol diri responden yaitu Mereka mengetahui bagaimana caranya mengontrol diri, seperti menghindar atau menjauh saat sedang marah sampai amarahnya mereda supaya amarahnya tidak menimbulkan kekerasan fisik pada orang-orang yang sedang berada disekitarnya saat ia sedang marah. Menjauh dari lingkungan yang tidak sehat dan memberikan pengaruh yang kurang baik untuk dirinya, dan mengatur perilakunya. Mereka juga memahami bahwa tindakannya yang hanya mementingkan kesenangan sesaat bisa membuatnya terbawa arus pergaulan yang negatif yang jika dibiarkan bisa menjadi kenakalan remaja.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Teknik diskusi kelompok, kontrol diri dalam pergaulan, remaja tengah
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 13 Jul 2023 02:52
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 04:23
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12646

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.