Teknik Self Talk dalam Mengatasi Anxiety Disorder pada Mahasiswa Tingkat Akhir (Studi di Fakultas Dakwah dan Fakultas Ushuluddin dan Adab)

Aini, Nurul (2023) Teknik Self Talk dalam Mengatasi Anxiety Disorder pada Mahasiswa Tingkat Akhir (Studi di Fakultas Dakwah dan Fakultas Ushuluddin dan Adab). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_171340147_Cover.pdf

Download (30kB)
[img] Teks
S_BKI_171340147_Lampiran Depan.pdf

Download (849kB)
[img] Teks
S_BKI_171340147_BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Teks
S_BKI_171340147_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (630kB)
[img] Teks
S_BKI_171340147_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (295kB)
[img] Teks
S_BKI_171340147_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (417kB)
[img] Teks
S_BKI_171340147_BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Teks
S_BKI_171340147_Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB)

Abstrak

Manusia sering kali merasa khawatir, rasa khawatir itu membuat kita memiliki pikiran, ketakutan dan kecemasan berlebih. Merasa cemas itu wajar akan tetapi jika berlebihan itu tidak baik dan akan mengganggu kegiatan sehari-hari. Hal ini termasuk anxiety disorder (gangguan kecemasan) dimana kita merasa cemas dan takut yang mana rasa itu tidak jelas dan tidak bisa dilihat bentuk ataupun wujudnya. Pada umumnya kecemasan dapat menyerang siapa saja termasuk mahasiswa akhir. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana kondisi anxiety disorder pada mahasiswa tingkat akhir. 2) bagaimana penerapan teknik self talk dalam mengatasi anxiety disorder pada mahasiswa tingkat akhir. 3) bagaimana hasil penerapan teknik self talk dalam mengatasi anxiety disorder pada mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui kondisi anxiety disorder pada mahasiswa tingkat akhir. 2) untuk mengatasi anxiety disorder pada mahasiswa tingkat akhir. 3) untuk mengetahui bagaimana hasil penerapan teknik self talk dalam mengatasi anxiety disorder pada mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Dakwah dan Fakultas Ushuluddin dan Adab di Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Objek penelitian ini adalah 5 mahasiswa yang berada di tingkat akhir perkuliahan. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) kondisi anxiety disorder pada mahasiswa tingkat akhir yaitu panic attack dan ada yang memiliki fobia seperti fobia air (aquaphobia), ketinggian (acrophobia) dan hewan panjang seperti ular dan cacing, selain itu banyak mahasiswa akhir yang sering overthinking. 2) penerapan teknik self talk dalam mengatasi anxiety disorder pada mahasiswa tingkat akhir dengan melakukan konseling individual dimana peneliti membantu mahasiswa atau responden untuk mengatakan dan memasukkan kata-kata positif, afirmasi-afirmasi positif ke dalam dirinya dan memberikan tugas berupa worksheet self talk. 3) hasil penerapan teknik self talk dalam mengatasi anxiety disorder pada mahasiswa tingkat akhir yang dilaksanakan terhadap kelima responden juga memiliki perubahan dalam segi pikiran secara bertahap yaitu lebih merasa tenang, tidak overthinking, merasa lebih semangat, merasa yakin pada diri sendiri, bisa berfikir ke arah yang lebih positif dibandingkan dengan berfikir negatif.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): bimbingan dan konseling, Sslf talk, anxiety disorder, mahasiswa tingkat akhir
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 13 Jul 2023 02:32
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 01:59
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12644

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.