Layanan Mediasi Terhadap Istri yang Menggugat Cerai Suami (Studi Fenomenologis di Pengadilan Agama Serang Kelas IA)

Maratussolehah, Rizky Fitria (2023) Layanan Mediasi Terhadap Istri yang Menggugat Cerai Suami (Studi Fenomenologis di Pengadilan Agama Serang Kelas IA). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520020_COVER.pdf

Download (100kB)
[img] Teks
S_BKI_191520020_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (453kB)
[img] Teks
S_BKI_191520020_BAB I.pdf

Download (256kB)
[img] Teks
S_BKI_191520020_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (507kB)
[img] Teks
S_BKI_191520020_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (229kB)
[img] Teks
S_BKI_191520020_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (425kB)
[img] Teks
S_BKI_191520020_BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Teks
S_BKI_191520020_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)

Abstrak

Penelitian ini berdasarkan atas fenomena yang terjadi di Pengadilan Agama Serang yang menunjukkan beberapa faktor penyebab kasus cerai gugat. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi : 1) Bagaimana kondisi rumah tangga pasangan suami istri sebelum pihak istri memutuskan untuk mengajukan gugatan cerai? 2) Bagaimana pelaksanaan layanan mediasi terhadap istri yang menggugat cerai suami di Pengadilan Agama Serang Kelas IA? 3) Apa faktor penyebab terjadinya istri menggugat cerai suami? 4) Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan layanan mediasi terhadap istri yang menggugat cerai suami di Pengadilan Agama Serang kelas IA? Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui bagaimana kondisi rumah tangga pasangan suami istri sebelum pihak istri memutuskan untuk mengajukan gugatan cerai? 2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan mediasi terhadap istri yang menggugat cerai suami di Pengadilan Agama Serang Kelas IA. 3) Untuk mengetahui apa yang menjadi faktor penyebab seorang istri menggugat cerai suami. 4) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan layanan mediasi terhadap istri yang menggugat cerai suami di Pengadilan Agama Serang Kelas IA. Metode yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan pengamatan untuk mengeksplorasi situasi sosial secara menyeluruh, luas dan rinci. Subjek yang diteliti yaitu 4 pasang suami istri yang memiliki kasus cerai gugat di Pengadilan Agama Serang Kelas IA. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan 1) Kondisi rumah tangga pasangan suami istri sebelum pihak istri memutuskan untuk mengajukan gugatan cerai beragam ada yang baik-baik saja ada yang memang sudah terjadi ketidakseimbangan antara suami dan istri. 2) Pelaksanaan layanan mediasi di Pengadilan Agama Serang Kelas IA sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. 3) Faktor penyebab terjadinya cerai gugat di Pengadian Agama Serang Kelas IA adalah ekonomi, perselingkuhan dan kekerasan dalam rumah tangga. 4) Faktor penghambat layanan mediasi di Pengadilan Agama Serang Kelas IA adalah salah satu pihak tidak hadir, ketidakmampuan membayar biaya mediasi, ego yang tinggi, dan durasi mediasi. Faktor pendukung layanan mediasi di Pengadilan Agama Serang Kelas IA adalah kesadaran dari kedua belah pihak, ego yang dikalahkan, saling memaafkan dan saling introspeksi diri.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): layanan mediasi, cerai gugat, perceraian
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 12 Jul 2023 08:40
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 03:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12639

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.