Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy pada Anak Broken Home dalam Mengatasi Negative Thinking (Studi di Kampung Majasem Desa Kadikaran Kecamatan Ciruas)

Muflihah, Muflihah (2023) Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy pada Anak Broken Home dalam Mengatasi Negative Thinking (Studi di Kampung Majasem Desa Kadikaran Kecamatan Ciruas). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520139_COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Teks
S_BKI_191520139_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_191520139_BAB I.pdf

Download (495kB)
[img] Teks
S_BKI_191520139_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (503kB)
[img] Teks
S_BKI_191520139_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (440kB)
[img] Teks
S_BKI_191520139_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (438kB)
[img] Teks
S_BKI_191520139_BAB V.pdf

Download (292kB)
[img] Teks
S_BKI_191520139_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB)

Abstrak

Pendekatan Rational Emotive Behaviuor Therapy berpandangan bahwa manusia adalah subyek alam yang sadar akan dirinya dan sadar akan objek-objek yang dihadapinya. Manusia dilahirkan dengan potensi untuk berfikir rasional, tetapi juga memiliki kecenderungan kearah berfikir irrasional. Maka cenderung menjadi korban dari keyakinan yang irrasional, yang berorientasi pada sikap kognitif dan tingkah laku serta menekan pada aspek berfikir, menilai, menganalisa, dan melakukan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana kondisi anak Broken Home yang mengalami Negative Thinking ? 2) bagaimana penerapan Rational Emotive Behavior Therapy dapat mengatasi Negative Thinking pada anak Broken Home ? 3) bagaimana hasil penerapan REBT dapat mengatasi Negative Thinking pada anak Broken Home ? Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui kondisi anak Broken Home yang mengalami Negative Thinking. 2) untuk menerapkan Rational Emotive Behavior Therapy dalam mengatasi Negative Thinking pada anak Broken Home. 3) untuk mengetahui hasil penerapan REBT dalam mengatasi Negative Thinking pada anak Broken Home. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yaitu sebuah penelitian yang di lakukan dengan cara mengamati secara langsung apa yang sedang di alami oleh subjek atau klien. Sedangkan untuk treatment dilakukan dengan pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy untuk tekniknya menggunakan Dispute Cognitive dan Homework Assigment. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Penelitian dengan jumlah responden adalah empat klien dengan inisial IK, LM, LU dan SO. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: 1) Kondisi anak Broken Home yang memiliki pemikiran irrasional akibat dari perceraian yang terjadi diantara kedua orang tua mereka rata-rata memiliki kebencian yang besar terhadap ayah mereka, sebagian besar mereka memiliki pemikiran bahwa ibu mereka adalah korban dari sikap egoisme ayah mereka. 2) Penerapan Rational Emotive Behaviuor Therapy sangat dibutuhkan dalam mengatasi sebuah permasalahan yang berhubungan dengan pemikiran yang tidak rasional pada anak Broken Home. 3) Adapun hasil dari penerapan Rational Emotive Behaviuor Therapy dalam mengatasi pemikiran negatif tiga dari empat anak broken home di kampung Majasem Desa Kadikaran Kecamatan Ciruas bahwa Rational Emotive Behaviuor Therapy mampu mengatasi Negative Thinking anak Broken Home melalui teknik Dispute Cognitive dan Homework Assigment dengan Rational Emotive Behaviuor Therapy untuk satu klien masih dalam proses untuk merubah pemikiran irrasional ke pemikiran yang rasional.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pendekatan Rational Emotive Behaviuor Therapy, Negative Thinking, Broken Home
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 11 Jul 2023 08:34
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 03:57
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12631

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.