Konseling Behavioral dengan Cinematherapy untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Anak Usia Dini (Studi di Lingkungan Belokang Kecamatan Mancak Kabupaten Serang)

Suhaemah, Suhaemah (2023) Konseling Behavioral dengan Cinematherapy untuk Meningkatkan Minat Belajar pada Anak Usia Dini (Studi di Lingkungan Belokang Kecamatan Mancak Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520098_Cover.pdf

Download (76kB)
[img] Teks
S_BKI_191520098_Lampiran Depan.pdf

Download (800kB)
[img] Teks
S_BKI_191520098_BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Teks
S_BKI_191520098_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (325kB)
[img] Teks
S_BKI_191520098_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (344kB)
[img] Teks
S_BKI_191520098_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (360kB)
[img] Teks
S_BKI_191520098_BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Teks
S_BKI_191520098_Daftar Pustaka.pdf

Download (170kB)

Abstrak

Kecanduan gadget tidak hanya dialami oleh orang dewasa, tetapi banyak juga dari kalangan anak-anak. Hal ini selaras dengan pernyataan Ketua Lembaga Perlindungan Anak yang menyatakan bahwa sejak 2013 lembaganya menangani kasus anak yang kecanduan gadget. Begitu juga Komisi Nasional Perlindungan Anak yang sejak 2016 sudah menangani 42 kasus anak yang mengalami kecanduan gadget. Berkurangnya minat belajar merupakan dampak negatif dari kecanduan penggunaan gadget. Biasanya, anak-anak yang sudah mulai kecanduan gadget merasa malas untuk belajar. Anak-anak lebih memilih untuk menghabiskan waktunya untuk menonton youtube, tiktok dan bermain game. Keadaan seperti ini sangat disayangkan, karena proses perkembangan yang seharusnya bisa berjalan secara optimal, tetapi sedikit terhambat karena kurang dukungan dari orangtua dan orang-orang sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui kondisi minat belajar anak usia dini di Lingkungan Belokang Kecamatan Mancak 2) untuk mengetahui proses penerapan konseling behavioral dengan cinema therapy untuk meningkatkan minat belajar pada anak usia dini di Lingkungan Belokang Kecamatan Mancak Kabupaten Serang 3) untuk mengetahui hasil penerapan konseling behavioral dengan cinematherapy untuk meningkatkan minat belajar pada anak usia dini di Lingkungan Belokang Kecamatan Mancak Kabupaten Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif-action research dimana peneliti melakukan tindakan untuk mendapatkan data lebih lanjut secara tepat dan akurat. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, analisis data, dan keabsahan data (triangulasi). Penelitian ini dilakukan pada Februari 2023-Juni 2023, dengan jumlah subjek penelitian 5 orang konseli. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka hasil penelitian yang didapatkan adalah: 1) kondisi minat belajar anak usia dini di Lingkungan Belokang Kecamatan Mancak Kabupaten Serang rendah karena akibat dari kecanduan gadget. 2) Konseling behavioral dilakukan untuk mengubah perilaku anak yang memiliki minat belajar rendah dengan menggunakan teknik pencontohan melalui media animasi. 3) Hasil penerapan konseling behavioral dengan cinematherapy ini menunjukkan bahwa adanya perubahan perilaku pada anak usia dini, yang semula memiliki minat belajar rendah menjadi mulai memiliki minat belajar, seperti ada keinginan untuk menggambar, menulis dan membaca buku cerita bergambar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): konseling behavioral, cinematherapy, minat belajar anak usia dini
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 11 Jul 2023 08:18
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 06:23
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12629

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.