Penerapan Bimbingan Kelompok dalam Membangun Sikap Empati Santri Putri (Studi di Pondok Pesantren Fajrul Karim Cinangka Serang)

Kusuma, Bunga Novelya (2023) Penerapan Bimbingan Kelompok dalam Membangun Sikap Empati Santri Putri (Studi di Pondok Pesantren Fajrul Karim Cinangka Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520033_Cover.pdf

Download (22kB)
[img] Teks
S_BKI_191520033_Lampiran Depan.pdf

Download (973kB)
[img] Teks
S_BKI_191520033_Bab I.pdf

Download (147kB)
[img] Teks
S_BKI_191520033_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (220kB)
[img] Teks
S_BKI_191520033_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (233kB)
[img] Teks
S_BKI_191520033_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (251kB)
[img] Teks
S_BKI_191520033_Bab V.pdf

Download (35kB)
[img] Teks
S_BKI_191520033_Daftar Pustaka.pdf

Download (195kB)

Abstrak

Sikap empati merupakan kemampuan yang dimiliki sejak lahir pada setiap manusia. Akan tetapi setiap manusia memiliki sikap empati yang berbeda, ada yang sudah berkembang dengan baik dan ada pula yang belum berkembang serta belum mampu mengimplementasikannya dengan optimal. Ciri sikap empati yaitu kepedulian dan kasih sayang, salah satu bentuknya adalah saling membantu. Para santri putri di Pondok Pesantren Fajrul Karim Cinangka Serang, ada yang masih memiliki sikap empati yang belum berkembang. Hal ini dibuktikan dengan tandai-tanda atau gejala terkait kurangnya sikap empati yaitu acuh tak acuh terhadap teman, kurang peka dengan sekitar dan hubungan yang kurang baik antar sebaya. Maka, layanan bimbingan kelompok perlu dilakukan dalam membangun sikap empati dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Berdasarkan uraian di atas, tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui sikap empati santri putri di Pondok Pesantren Fajrul Karim Cinangka Serang. 2) Untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok dalam membangun sikap empati santri putri di Pondok Pesantren Fajrul Karim Cinangka Serang. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan (action research) yang bersifat deskriptif, yakni memaparkan atau menggambarkan proses dan hasil tindakan yang dilakukan langsung oleh peneliti. Peneliti melakukan 4 kali pertemuan bimbingan kelompok dalam membangun sikap empati santri putri di Pondok Pesantren Fajrul Karim Cinangka Serang. Adapun tahapan yang dilakukan dalam proses bimbingan kelompok yaitu: tahap awal/pembukaan, tahap peralihan, tahap inti dan tahap akhir/penutup. Dapat disimpulkan penerapan bimbingan kelompok yang dilakukan secara terstruktur sesuai melalui proses perencaan kegiatan. Selain sebagai proses pembelajaran bagi peneliti dan pihak pondok, santri putri juga mendapat pengalaman dan pengetahuan baru sehingga mampu mengimplementasikannya dikehidupan sehari-hari. Hasil penerapan bimbingan kelompok dalam membangun sikap empati santri terlihat pada pengetahuan dan sikap perihal kemampuan membantu teman dan mendengarkan curhatan teman.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Bimbingan Kelompok, Sikap Empati, Santri Putri
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 04 Jul 2023 02:17
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 03:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12617

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.