Pratiwi, Rini (2023) Pendampingan Anak Yatim Piatu Melalui Program Soft Skill di Yayasan Balaraja Peduli Indonesia Raya Kecamatan Balaraja Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
cover , lampiran depan - daftar gambar.pdf Download (339kB) |
|
Teks
bab 1.pdf Download (258kB) |
|
Teks
bab 2.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (228kB) |
|
Teks
BAB 3.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (379kB) |
|
Teks
bab 4.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (249kB) |
|
Teks
bab 5.pdf Download (90kB) |
|
Teks
daftar pustaka.pdf Download (100kB) |
|
Teks
lampiran.pdf Download (524kB) |
Abstrak
Indonesia memiliki beragam macam pendidikan, salah satunya merupakan pendidikan nonformal yang terdapat di Yayasan Balaraja Peduli Indonesia Raya. Pendidikan nonformal merupakan pendidikan yang kegiatanya dapat direncanakan dan waktunya dapat dilakukan kapan saja sehingga keberlangsungan kegiatan pendidikan nonformal dapat dilakukan di luar sistem pendidikan formal. Yayasan Balaraja Peduli Indonesia Raya terletak di Kelurahan Balaraja Kecamatan Balaraja Kabupaten Tangerang Provinsi Banten. Anak-anak merupakan sebuah aset sumber daya manusia yang harus diberikan pendidikan secara layak oleh orang tua dan tenaga pendidik. Anak yatim piatu di Yayasan Balaraja Peduli Indonesia Raya merupakan anak yang memiliki keterbatasan dalam ekonomi akan tetapi memiliki semangat belajar yang luar biasa dan Yayasan Balaraja Peduli Indonesia Raya adalah tempat untuk anak yatim piatu belajar dan mengembangkan kreatifitas dan keterampilan. Maka dengan itu diperlukan adanya kegiatan pendampingan program soft skill kepada anak yatim piatu. Karena itulah penulis ingin membantu anak yatim piatu agar dapat mengetahui dan mengembangkan keterampilan yang anak miliki melalui kegiatan pendampingan program soft skill menulis cerita pendek dan menari tarian modern. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Participation Learning and Action (PLA) merupakan metode pendekatan pemberdayaan masyarakat yang menggunakan partisipasi penuh dengan seluruh masyarakat karena pada dasarnya metode pendekatan PLA mempunyai konsep yaitu Learning by Doing atau bisa disebut dengan belajar sambil bekerja. Participatory Learning and Action adalah metode penelitian yang di dalamnya terdapat tahapan-tahapan pembelajaran konferesnsi, brainstorming, dan diskusi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi serta focus group discussion. Tujuan dari kegiatan pendampingan program soft skill menulis cerita pendek dan menari tarian modern di Yayasan Balaraja Peduli Indonesia Raya yaitu: 1. Untuk membantu mengenalkan kepada anak-anak yatim piatu tentang keterampilan membuat cerita pendek dan menari tarian modern. 2. Untuk memberikan pengalaman membuat cerita pendek dan menari tarian modern. 3. Untuk mendampingi anak-anak yatim membuat cerita pendek dan menarNama: RINI PRATIWI, NIM: 191530031, Judul Skripsi: Pendampingan Anak Yatim Piatu Melalui Program Soft Skill di Yayasan Balaraja Peduli Indonesia Raya Kecamatan Balaraja Kabupaten Tangerang, Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah, 2023/1444. Indonesia memiliki beragam macam pendidikan, salah satunya merupakan pendidikan nonformal yang terdapat di Yayasan Balaraja Peduli Indonesia Raya. Pendidikan nonformal merupakan pendidikan yang kegiatanya dapat direncanakan dan waktunya dapat dilakukan kapan saja sehingga keberlangsungan kegiatan pendidikan nonformal dapat dilakukan di luar sistem pendidikan formal. Yayasan Balaraja Peduli Indonesia Raya terletak di Kelurahan Balaraja Kecamatan Balaraja Kabupaten Tangerang Provinsi Banten. Anak-anak merupakan sebuah aset sumber daya manusia yang harus diberikan pendidikan secara layak oleh orang tua dan tenaga pendidik. Anak yatim piatu di Yayasan Balaraja Peduli Indonesia Raya merupakan anak yang memiliki keterbatasan dalam ekonomi akan tetapi memiliki semangat belajar yang luar biasa dan Yayasan Balaraja Peduli Indonesia Raya adalah tempat untuk anak yatim piatu belajar dan mengembangkan kreatifitas dan keterampilan. Maka dengan itu diperlukan adanya kegiatan pendampingan program soft skill kepada anak yatim piatu. Karena itulah penulis ingin membantu anak yatim piatu agar dapat mengetahui dan mengembangkan keterampilan yang anak miliki melalui kegiatan pendampingan program soft skill menulis cerita pendek dan menari tarian modern. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Participation Learning and Action (PLA) merupakan metode pendekatan pemberdayaan masyarakat yang menggunakan partisipasi penuh dengan seluruh masyarakat karena pada dasarnya metode pendekatan PLA mempunyai konsep yaitu Learning by Doing atau bisa disebut dengan belajar sambil bekerja. Participatory Learning and Action adalah metode penelitian yang di dalamnya terdapat tahapan-tahapan pembelajaran konferesnsi, brainstorming, dan diskusi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi serta focus group discussion. Tujuan dari kegiatan pendampingan program soft skill menulis cerita pendek dan menari tarian modern di Yayasan Balaraja Peduli Indonesia Raya yaitu: 1. Untuk membantu mengenalkan kepada anak-anak yatim piatu tentang keterampilan membuat cerita pendek dan menari tarian modern. 2. Untuk memberikan pengalaman membuat cerita pendek dan menari tarian modern. 3. Untuk mendampingi anak-anak yatim membuat cerita pendek dan menari tarian modern. Hasil dari penelitian ini yaitu 1. Anak-anak yatim piatu mengetahui tentang soft skill dan mampu membuat satu cerita pendek. 2. Anak-anak yatim piatu mampu menampilkan satu tarian modern 3. Adanya perubahan sosial dan kesadaran baik dari masyarakat Kelurahan Balaraja, pengurus Yayasan Balaraja Peduli Indonesia Raya dan anak-anak yatim piatu. i tarian modern. Hasil dari penelitian ini yaitu 1. Anak-anak yatim piatu mengetahui tentang soft skill dan mampu membuat satu cerita pendek. 2. Anak-anak yatim piatu mampu menampilkan satu tarian modern 3. Adanya perubahan sosial dan kesadaran baik dari masyarakat Kelurahan Balaraja, pengurus Yayasan Balaraja Peduli Indonesia Raya dan anak-anak yatim piatu.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pemberdayaan Anak Yatim Piatu, Pendampingan Soft skill |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 03 Jul 2023 05:21 |
Perubahan Terakhir: | 25 Mar 2024 04:53 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12613 |
Actions (login required)
Lihat Item |