Pengaruh Etika Bisnis Islam terhadap Pelayanan Pedagang Ayam Potong (Studi pada Pasar Tradisional Bojonggede Bogor)

Mumtajah, Juria (2023) Pengaruh Etika Bisnis Islam terhadap Pelayanan Pedagang Ayam Potong (Studi pada Pasar Tradisional Bojonggede Bogor). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_ES_191410120_COVER.pdf

Download (122kB)
[img] Teks
S_ES_191410120_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (406kB)
[img] Teks
S_ES_191410120_BAB I.pdf

Download (371kB)
[img] Teks
S_ES_191410120_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (624kB)
[img] Teks
S_ES_191410120_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (291kB)
[img] Teks
S_ES_191410120_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (564kB)
[img] Teks
S_ES_191410120_BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Teks
S_ES_191410120_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)

Abstrak

Etika bisnis Islam merupakan seperangkat nilai baik, buruk, benar dan salah dalam dunia bisnis berdasarkan moralitas. Bisnis dalam Islam menjadi unsur penting pada perdagangan. Dalam hal ini pedagang adalah mereka yang melakukan kegiatan perniagaan sebagai suatu pekerjaan sehari-hari, pada umumnya memberikan sesuatu barang yang kemudian dijual kembali. Sebagai pedagang atau penyedia barang atau jasa masyarakat membutuhkan pelayanan yang menyenangkan dan menyejukan hati pembeli. Hal ini dapat dicapai dengan adanya etika, tentunya akan lebih utama apabila aturan-aturan dalam bisnis dapat menerapkan etika yang islami sesuai dengan ajaran syar’i. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh etika bisnis Islam terhadap pelayanan pedagang ayam potong di Pasar Tradisional Bojonggede Bogor?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana pengaruh etika bisnis Islam terhadap pedagang ayam potong di Pasar Tradisional Bojonggede. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer dengan jumlah sampel 60 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah uji Validitas, Reabilitas, Uji Normalitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Statistik Deskriptif, Uji Regresi Linier Sederhana, Uji Koefisien Korelasi, Uji Koefisien Determinasi, dan Uji Hipotesis (Uji t). dengan menggunakan bantuan Bogor program IBM SPSS 25. Hasil dari penelitian ini diperoleh nilai t hitung sebesar 12,380 t tabel sebesar 2,00030. Berdasarkan nilai tersebut maka nilai t hitung > t tabel yang berarti menolak H0 dan menerima H1, secara jelas dapat diartikan bahwa etika bisnis Islam mempengaruhi pelayanan pedagang ayam potong pada Pasar Tradisional Bojonggede. Berdasarkan nilai R2 yang ditunjukan pada tabel, maka diperoleh bahwa besarnya pengaruh etika bisnis Islam terhadap pelayanan pedagang ayam potong pada pasar Tradisional Bojonggede Bogor sebesar 72,5 %. Sedangkan sisanya 27,5 % dipengaruhi oleh faktor lain diluar variable yang diteliti dalam penelitian ini.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Etika Bisnis Islam dan Pelayanan Pedagang
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 23 Jun 2023 02:54
Perubahan Terakhir: 23 Jun 2023 02:54
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12591

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.