Hubungan Metode Al-Taisir Dengan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Pada Mahasiswa (Studi di Ma’had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)

Najib, Iqbal Ahmad (2023) Hubungan Metode Al-Taisir Dengan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Pada Mahasiswa (Studi di Ma’had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_171210093_Cover.pdf

Download (171kB)
[img] Teks
S_PAI_171210093_Lampiran Depan.pdf

Download (964kB)
[img] Teks
S_PAI_171210093_BAB I.pdf

Download (247kB)
[img] Teks
S_PAI_171210093_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (718kB)
[img] Teks
S_PAI_171210093_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (507kB)
[img] Teks
S_PAI_171210093_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (668kB)
[img] Teks
S_PAI_171210093_BAB V.pdf

Download (216kB)
[img] Teks
S_PAI_171210093_Daftar Pustaka.pdf

Download (239kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan mahasiswa dalam menghafal Al-Qur‟an. Oleh karena itu dibutuhkan cara yang efektif untuk membuat mahasiswa dapat mempermudah dalam kegiatan menghafal yaitu dengan menggunakan metode Al-Taisir dalam proses menghafal mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode Al-Taisir, kemampuan mahasiswa dalam menghafal Al-Qur‟an, hubungan penggunaan metode Al-Taisir dengan Kemampuan Menghafal Al-Qur‟an di Ma'had Al-Jami'ah UIN SMH Banten untuk menambah pengetahuan secara universal tentang penggunaan metode Al-Taisir. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Menggunakan analisis product moment dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan metode angket, dan tes. Sampel 36 dari populasi 144 mahasiswa kelas Tahfidz. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan metode Al-Taisir (Variabel X) di Ma‟had Al-Jami‟ah tergolong baik. Hal itu dilihat dari analisis tendensasi sentral diperoleh nilai mean 81, median 80,5, dan modus 79,6, kemampuan mahasiswa dalam menghafal Al-Qur‟an (Variabel Y) di Ma‟had Al-Jami‟ah tergolong cukup baik. Hal tersebut dilihat dari analisis tendensasi sentral diperoleh nilai mean 76, median 74,88, dan modus 75,42, Nilai korelasi sebesar 0,9. Sedangkan berdasarkan uji pengaruh, bahwa kepengaruhan variabel Y dengan variabel X sebesar 83%, sedangkan sebagian besar sisanya 17% dipengaruhi oleh faktor lain. Dalam proses pembelajaran khususnya kegiatan menghafal Al-Qur‟an hendaknya guru memberikan cara yang menarik dan dapat membuat siswa lebih mudah dalam menghafal dengan memanfaatkan metode dan kreatifitas guru seperti dengan penggunaan metode Al-Taisir ini sehingga mahasiswa lebih antusias dalam menghafal Al-Qur‟an.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Al-Taisir; Kemampuan Menghafal Al-Qur‟an
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 19 Jun 2023 02:02
Perubahan Terakhir: 19 Jun 2023 02:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12573

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.