Khofifah, Iip (2023) Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Religi Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di SMAN 1 Ciomas. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_191250015_Cover.pdf Download (19kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_191250015_Lampiran Depan.pdf Download (693kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_191250015_BAB I.pdf Download (444kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_MPI_191250015_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (491kB) |
||
Teks
S_MPI_191250015_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (373kB) |
||
Teks
S_MPI_191250015_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (554kB) |
||
|
Teks
S_MPI_191250015_BAB V.pdf Download (94kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_191250015_Daftar Pustaka.pdf Download (226kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi kepemimpinan kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai religi siswa melalui kegiatan Ekstrakurikuler. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Ciomas Kabupaten Serang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kepemimpinan kepala sekolah di SMAN I Ciomas memiliki model kepemimpinan karismatik-tranformasional yaitu memiliki karakter percaya diri, kemampuan untuk menjadi contoh yang baik dengan karisma dalam berperilaku dan kepekaan lingkungan serta mampu membuat penilaian realistis terhadap kendala lingkungan dan sumber daya untuk mewujudkan perubahan; 2) Dalam menanamkan nilai-nilai religi kepala sekolah melaksanakan beberapa tahapan yaitu tahap transformasi nilai dilakukan dengan kajian keislaman dan penempatan slogan religi di lingkungan sekolah, tahap transaksi nilai dilakukan dengan memberikan contoh perilaku yang baik oleh tenaga pendidik dan kependidikan di sekolah, dan tahapan transinternalisasi nilai dilakukan melalui memberikan teladan yang baik bukan lagi dari segi penampilan fisiknya melainkan sikap mentalnya (kepribadiannya); 3) kepemimpinan kepala sekolah dalam menanamkan nilai-nilai religi yaitu melaksanakan pembinaan terhadap siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Rohis dan muhadoroh dengan cara pembiasaan terhadap siswa yaitu membina kedisiplinan di sekolah, membuat program kegiatan dan melalui perantara guru dengan pengarahan kepada guru dan meningkatkan kualitas guru. Terjadi penguatan karakter religi yang dilihat dari keberhasilan pada setiap program ekstrakurikuler Rohis dan Muhadoroh dalam menanamkan nilai-nilai religi dapat menjadikan siswa berkarakter dan memiliki akhlak mulia, sehingga dalam pembinaannya dapat tercapai dengan baik.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kepemimpinan Kepala Sekolah, Penanaman Nilai-nilai Religi, dan Kegiatan Ekstrakurikuler |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 31 Mei 2023 03:37 |
Perubahan Terakhir: | 31 Mei 2023 03:38 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12517 |
Actions (login required)
Lihat Item |