Efektivitas Penyelesaian Perkara Permohonan Itsbat Nikah Melalui Sidang Keliling di Pengadilan Agama Serang

Rodianah, Anah (2023) Efektivitas Penyelesaian Perkara Permohonan Itsbat Nikah Melalui Sidang Keliling di Pengadilan Agama Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_181110118_COVER.pdf

Download (175kB)
[img] Teks
S_HKI_181110118_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (955kB)
[img] Teks
S_HKI_181110118_BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Teks
S_HKI_181110118_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (352kB)
[img] Teks
S_HKI_181110118_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (411kB)
[img] Teks
S_HKI_181110118_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (415kB)
[img] Teks
S_HKI_181110118_BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Teks
S_HKI_181110118_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (660kB)

Abstrak

Itsbat nikah merupakan suatu penetapan pernikahan yang mana ditunjukan kepada Pengadilan Agama Serang agar dikatakan sahnya perkawinan yang dilangsungkan serta mendapatkan kekuatan hukum. Banyaknya masyarakat wilayah Serang yang pernikanhannya tidak tercatat karena faktor geografis, transportasi, dan biaya. Oleh karena itu pemerintah memberikan bantuan hukum, salah satu bantuan hukum yang diberikan pemerintah adalah itsbat nikah keliling yaitu penetapan / pengesahan pernikahan bagi masyarakat yang belum mempunyai akte nikah dan mengalami kesulitan. Salah satunya di Pengadilan Agama Serang karena faktor ekonomi dan jarak tempuh yang jauh terutama bagi daerah-daerah pendalaman dan terpencil. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah penelitian ini adalah 1. Bagaimana Proses Penyelesaian Perkara Itsbat Nikah Melalui Sidang Keliling di Pengadilan Agama Serang? 2. Bagaimana Efektivitas dalam Penyelesaian Perkara Itsbat Nikah dan Faktor Apa Yang Menjadi Penghambat serta Pendukungnya? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Untuk Mengetahui Proses Penyelesaian Perkara Itsbat Nikah Melalui Sidang Keliling di Pengadilan Agama Serang. 2. Untuk Mengetahui Efektivitas dalam Penyelesaian Perkara Itsbat Nikah dan Faktor Apa Yang Menjadi Penghambat serta Pendukungnya. Penelitian yang penulis lakukan merupakan metode yuridis empiris, dengan pendekatan kualitatif yang bersifat lapangan (field research). Dengan mengumpulkan data-data melalui wawancara dan observasi. Data-data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil yang didapat bahwasanya: 1. Proses pelaksanaan penyelesaian perkara itsbat nikah melalui sidang keliling yaitu, pihak pemohon mendaftaran permohonannya ke petugas KUA yang ditunjuk sebagai panitia, pihak pemohon membayar panjar biaya perkara, pihak panitia menyerahkan berkas pendaftaran itsbat nikah kepada Pengadilan Agama, Pengadilan Agama menentukan waktu persidangan, setelah waktu persidangan telah ditentukan pemohon menghadiri persidangan dengan membawa minimal dua orang saksi, dan proses terahir putusan/penetapan pengadilan. 2. Perkara permohonan itsbat nikah melalui sidang keliling ini sudah sangat efektiv. Pelaksanaan sidang itsbat nikah ini sangat membantu masyarakat untuk memperoleh status hukum. Adapun yang menjadi faktor pendukung dari pelaksanaan sidang keliling yaitu respon dan antusias masyarakat sangat baik, prosedur pelaksanaannya tidak ribet, tidak membutuhkan waktu lama, prosesnya cepat, lebih sederhana, sedangkan faktor penghambatnya tidak ada.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Efektivitas, Itsbat Nikah, Sidang Keliling
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Mei 2023 04:43
Perubahan Terakhir: 29 Mei 2023 04:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12498

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.