Sejarah Kesenian Tradisional Silat Beksi Khas Masyarakat Betawi

Hamidah, Meilly Nurlaela (2023) Sejarah Kesenian Tradisional Silat Beksi Khas Masyarakat Betawi. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_SPI_181350060_COVER.pdf

Download (108kB)
[img] Teks
S_SPI_181350060_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (407kB)
[img] Teks
S_SPI_181350060_BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Teks
S_SPI_181350060_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (449kB)
[img] Teks
S_SPI_181350060_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (382kB)
[img] Teks
S_SPI_181350060_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (702kB)
[img] Teks
S_SPI_181350060_BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Teks
S_SPI_181350060_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Silat Beksi merupakan salah satu aliran Maen Pukulan yang menjadi identitas khas bagi masyarakat Betawi. Silat Beksi milik masyarakat Betawi memiliki kekhasannya tersendiri, yaitu merupakan ilmu pertahanan diri yang identik dengan permainan tangan yang melindungi diri dari empat arah (Barat, Timur, Selatan dan Utara) serangan lawan. Silat Beksi merupakan aliran silat yang berdiri sendiri, meskipun dalam sebagian jurus Silat Beksi merupakan hasil perpaduan antara jurus seni beladiri dari Betawi dan jurus seni beladiri dari Tiongkok. Berdasarkan uraian tersebut, perumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana Aliran-Aliran Seni Beladiri Betawi ?. (2) Bagaimana Sejarah Kesenian Tradisional Silat Beksi Masyarakat Betawi ?. (3) Bagaimana Nilai-Nilai Filosofis dan Karakteristik Kesenian Tradisional Silat Beksi ?. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Aliran-Aliran Seni Beladiri Betawi. (2) Sejarah Kesenian Tradisional Silat Beksi Masyarakat Betawi. (3) Nilai-Nilai Filosofis dan Karakteristik Kesenian Tradisional Silat Beksi. Untuk memperoleh informasi yang sesuai dengan permasalahan yang diteliti maka penulis menggunakan metode penelitian etnografi yang bersifat deskriptif kualitatif, yaitu dengan teknik Pengumupulan Data (meliputi Kajian Kepustakaan, Pengamatan Terlibat dan Wawancara), Teknik Analisis Data dan Penulisan Laporan. Berdasarkan hasil pembahasan skripsi ini dapat disimpulkan bahwa : Silat Beksi merupakan salah satu identitas kebudayaan milik masyarakat Betawi yang masih dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat Betawi. Lie Tjeng Ok (1854– 1951 M) merupakan tokoh yang mempelopori lahirnya ilmu Maen Pukulan Beksi. Lahirnya Silat Beksi bermula ketika Lie Tjeng Ok meracik kemampuan ilmu bela diri yang telah dimilikinya sejak kecil yang diperoleh dari keluarganya serta dipadukan dengan hasil pengajaran yang diberikan oleh guru Betawinya, serta ditambah pula dengan ilmu yang diberikan oleh kakeknya, hingga menjadi suatu aliran Maen Pukulan baru yang disebut dengan Bhe Si atau Beksi. Tersebarnya Silat Beksi di Betawi tidak terlepas pula dari peran para Guru Besar Silat Beksi di Betawi. Silat Beksi yang tersebar di wilayah Jakarta secara umum memiliki 12 jurus, yang untuk mempelajarinya terdapat tiga syarat yang harus dipenuhi diantaranya yaitu Proses Penerimaan Murid, Proses Pembelajaran Silat Beksi dan Tahap Wisuda Murid Pasca Belajar Paripurna.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kesenian, Silat Beksi, Betawi
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 301 Sosiologi & antropologi
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Dan Kebudayaan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 26 Mei 2023 09:07
Perubahan Terakhir: 26 Mei 2023 09:07
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12484

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.