Epistemologi Tafsir Progresif-Kontekstual (Studi Atas Pemikiran Abdullah Saeed)

Melinia, Melinia (2023) Epistemologi Tafsir Progresif-Kontekstual (Studi Atas Pemikiran Abdullah Saeed). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_191320084_Cover.pdf

Download (489kB)
[img] Teks
S_IAT_191320084_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_IAT_191320084_BAB I.pdf

Download (678kB)
[img] Teks
S_IAT_191320084_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (876kB)
[img] Teks
S_IAT_191320084_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (741kB)
[img] Teks
S_IAT_191320084_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_IAT_191320084_BAB V.pdf

Download (571kB)
[img] Teks
S_IAT_191320084_Daftar Pustaka.pdf

Download (606kB)

Abstrak

Seiring perkembangan dan tuntutan perubahan zaman, metode tekstual dirasa kurang memberi keadilan yang utuh pada ayat-ayat tertentu yang ditafsirkan, sehingga kemudian timbul relevansi dengan kondisi masyarakat muslim sekarang. Di sinilah metode tafsir kontekstual menemukan tempatnya. dan Abdullah Saeed berupaya menafsirkan Al-Qur’an dengan melihat konteks sosio-historis agar Al-Qur’an dapat diaplikasikan terhadap perubahan pada tiap zaman (metode kontekstual). Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penulisan ini ialah: 1. Bagaimana landasan teoritik tafsir progresif-kontekstual ? 2. Bagaimana sketsa intelektual Abdullah Saeed? 3. Bagaimana konstruksi metodologis tafsir progresif kontekstual dalam pemikiran Abdullah Saeed? Tujuan dari penelitian ini yakni: 1. Untuk mengetahui landasan teoritik tafsir progresif-kontekstual 2. Untuk mengetahui sketsa intelektual Abdullah Saeed? 3. Untuk mengetahui konstruksi metodologis tafsir progresif kontekstual dalam pemikiran Abdullah Saeed. Dalam skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research) atau penelitian kepustakaan. Dalam penelitian kali ini sumber primer tersebut berasal dari buku Reading the Qur’an in the Twenty-first Century: A Contextualist Approach. Kemudian data tersebut akan dianalisa dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa tafsir progresif-kontekstual Abdullah Saeed memiliki kunci prinsip penafsiran yaitu Wahyu dan kontekstualisasi, Nilai-nilai Hierarkis Al-Qur’an Teks-teks Paralel dari Al-Qur’an dan Hadis, dan Makna dalam Kerangka Kontekstual. Adapun langkah/metode penafsiran kontekstual Abdullah Saeed memiliki 4 langkah yaitu diantaranya sebagai berikut : Langkah pertama, pertimbangan-pertimbangan awal, langkah kedua, memulai tugas penafsiran, langkah ketiga, mengidentifikasi makna teks, dan langkah keempat, mengaitkan penafsiran teks dengan konteks masa kini. Serta abdullah saeed dalam penafsiran kontekstualnya menggunkan pendekatan hermeneutik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kontekstualis, Abdullah Saeed
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 25 Mei 2023 07:24
Perubahan Terakhir: 25 Mei 2023 07:25
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12482

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.