Peran Kepemimpinan Kiai Dalam Meningkatkan Kualitas Santri di Pondok Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Ihsan Pengampelan Walantaka Kota Serang Banten)

Alwan, Mohamad (2023) Peran Kepemimpinan Kiai Dalam Meningkatkan Kualitas Santri di Pondok Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darul Ihsan Pengampelan Walantaka Kota Serang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_MPI_191250035_Cover.pdf

Download (41kB)
[img] Teks
S_MPI_191250035_Lampiran Depan.pdf

Download (504kB)
[img] Teks
S_MPI_191250035_BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Teks
S_MPI_191250035_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (356kB)
[img] Teks
S_MPI_191250035_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (217kB)
[img] Teks
S_MPI_191250035_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (179kB)
[img] Teks
S_MPI_191250035_BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Teks
S_MPI_191250035_Daftar Pustaka.pdf

Download (80kB)

Abstrak

Penelitian ini bertolak dari peran kepemimpinan Kiai dalam meningkatkan kualitas santri di pondok pesantren, dimana Kiai sebagai pemilik otoritas tertinggi di pondok pesantren memerankan sentral kepemimpinannya. Pondok pesantren Darul Ihsan yang berdiri sejak tahun 2013 sudah memiliki lembaga formal komprehensif dari SMP hingga SMA serta bisnis dan usaha mandiri pondok pesantren dalam berbagai bidang sebagai proses pencapaian kemandirian pondok pesantren tidak akan terlepas dari kepemimpinan Kiai sebagai figur sentral pesantren yang memiliki kharisma serta visi yang jauh kedepan yang melewati batas ketradisionalan kepemimpinan pondok pesantren.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran kepemimpinan Kiai dalam proses meningkatkan kualitas santri di pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan, kamera dan alat perekam percakapan. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian dan pembahasan penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Peran kepemimpinan yang diterapkan oleh Kiai sebagai pemimpin di pondok pesantren Darul Ihsan sudah cukup baik berdasarkan dari indikator peran kepemimpinan yaitu : Kiai sebagai edukator, Kiai sebagai manajer dan Kiai sebagai supervisor. (2) Perencanaan Kiai dalam meningkatkan kualitas santri pondok pesantren Darul Ihsan sudah dilakukan dengan sangat baik, beliau sudah mampu melakukan perubahan-perubahan yang cukup signifikan di lingkungan pondok pesantren, serta turun langsung ke lapangan untuk melakukan pemantauan terhadap santri dan Asatidz dalam proses pendidikan. (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kualitas santri di pondok pesantren Darul Ihsan yaitu : sumber daya manusia dan saran prasarana.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peran, Kepemimpinan, Kiai, Kualitas, Santri
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 25 Mei 2023 02:13
Perubahan Terakhir: 25 Mei 2023 02:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12476

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.