Ulyanti, Jesi (2023) Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Menumbuhkan Sikap Kepemimpinan Siswa (Studi Kasus di MTsN 2 Kab. Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_191250031_Cover.pdf Download (107kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_191250031_Lampiran Depan.pdf Download (824kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_191250031_BAB I.pdf Download (257kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_MPI_191250031_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (733kB) |
||
Teks
S_MPI_191250031_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (207kB) |
||
Teks
S_MPI_191250031_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (450kB) |
||
|
Teks
S_MPI_191250031_BAB V.pdf Download (173kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_191250031_Daftar Pustaka.pdf Download (246kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Perencanaan ekstrakurikuler kepramukaan, 2). Pelaksanaan ekstrakurikuler kepramukaan, 3). Evaluasi ekstrakurikuler kepramukaan, 4). Faktor pendukung dan penghambat ekstrakurikuler kepramukaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis studi kasus dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data dengan cara reliabilitas, kredibilitas, dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan data bahwa: 1). Perencanaan ekstrakurikuler kepramukaan di MTs N 2 Serang sudah dilakukan dengan baik melalui Musyawarah Gugus (MUSGUS), penaikan tingkat penggalang dari ramu, rakit, dan terap, serta pemelihan ketua dan wakil regu, menyelesaikan pengisisan Syarat Kecakapan Umum (SKU), kegiatan rutin setiap minggu berupa penyampain materi dari SKU. 2). Pelaksanaan sudah dilakukan dengan baik melalui kegiatan rutin setiap seminggu sekali pada hari jum’at pukul 15:00-16:30 WIB. 3). Evaluasi yang dilakukan sudah baik melalui mengadakan kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu Minggu (PERJUSAMI) dan Penilaian Akhir Semester (PAS). 4). Faktor pendukungnya meliputi: sarana dan prasarana yang memadai, serta guru pembina ataupun pelatih yang memahami ilmu pengatahuan kepramukaan, sedangkan faktor penghambatnya yaitu: kurang partisipasi dan minat dari siswa, jarak, serta ekonomi.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Manajemen, Ekstrakurikuler Pramuka dan Sikap Kepemimpinan Siswa |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 24 Mei 2023 07:37 |
Perubahan Terakhir: | 24 Mei 2023 07:37 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12470 |
Actions (login required)
Lihat Item |