Pengaruh Media Pembelajaran Crossword Puzzle dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS (Penelitian Eksperimen di SDN Cangkudu 03 Kecamatan Balaraja Kab. Tangerang)

Nafisah, Saidah (2023) Pengaruh Media Pembelajaran Crossword Puzzle dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS (Penelitian Eksperimen di SDN Cangkudu 03 Kecamatan Balaraja Kab. Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240106_Cover.pdf

Download (97kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240106_Lampiran Depan.pdf

Download (636kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240106_BAB I.pdf

Download (232kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_181240106_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (308kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240106_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (405kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240106_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (391kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240106_BAB V.pdf

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240106_Daftar Pustaka.pdf

Download (219kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran crossword puzzle terhadap penigkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SDN Cangkudu 03. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian Pre-Eksperimental One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis presentasi data menunjukkan bahwa diketahui hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Cangkudu 03 sebelum menggunakan media pembelajaran crossword puzzle (pretest) belum memenuhi kriteria ketuntasan hasil belajar dimana siswa yang tuntas masih tergolong rendah hanya 27,59% dan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Cangkudu 03 setelah menggunakan media pembelajaran crossword puzzle (posttest) telah memenuhi kriteria ketuntasan hasil belajar dimana siswa yang tuntas mencapai 68,97%. Kesimpulan berdasarkan hasil analisis presentasi data tersebut menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran crossword puzzle dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN Cangkudu 03.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media pembelajaran, crossword puzzle, hasil belajar siswa
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 24 Mei 2023 06:46
Perubahan Terakhir: 24 Mei 2023 06:46
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12467

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.