Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Menurut Ki Hadjar Dewantara Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Anggraeni, Fitria Nur (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Menurut Ki Hadjar Dewantara Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_142101784_Cover.pdf

Download (63kB)
[img] Teks
S_PAI_142101784_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_142101784_BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Teks
S_PAI_142101784_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (253kB)
[img] Teks
S_PAI_142101784_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (392kB)
[img] Teks
S_PAI_142101784_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (398kB)
[img] Teks
S_PAI_142101784_BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Teks
S_PAI_142101784_Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB)

Abstrak

Pendidikan karakter sangat erat hubungannya dengan pendidikan moral dimana tujuannya adalah untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara terus menerus guna penyempurnaan diri ke arah yang lebih baik, sehingga akan terwujud insan kamil. hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan yang tertuang dalam undang-undang dasar no 20 tahun 2003 yang menyatakan bahwa: “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : konsep pendidikan karakter menurut Ki Hajar Dewantara dan relevansi konsep pendidikan karakter menurut Ki Hajar Dewantara dalam dunia pedidikan dewasa ini. Skripsi ini meggunakan metode Library Research, yaitu penelitian dilakukan dengan menggunakan sumber-sumber literatur pepustakaan yang objek penelitiannya digali lewat beragam informasi kepustakaan (buku, ensiklopedia, jurnal ilmiah, majalah, dan dokumen). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Konsep pendidikan karakter dalam pengajaran budi pekerti atau karakter menurut Ki Hajar Dewantara adalah orang yang senantiasa memikir-mikirnya, merasa rasakan dan selalu memakai ukuran, timbangan, dan dasar-dasar yang pasti dan tetap yang pantas dan terpuji terhadap sesama dan lingkungannya. Dalam proses pendidikanya berdasarkan pancadharma yaitu kodrat alam, kemerdekaan, kebudayaan, kebangsaan dan kemanusiaan. Konsep pemikiran Ki Hajar Dewantara memiliki konsep tujuan yang bagus, serta tetap relevan hingga saat ini. Konsep tersebut sangat tepat di terapkan kepada bangsa ini yang telah mengalami degradasi moral. Sehingga guru sudah sepantasnya bisa menjadi panutan serta contoh yang baik untuk para peserta didiknya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pendidikan Karakter, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 24 Mei 2023 03:11
Perubahan Terakhir: 24 Mei 2023 03:11
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12462

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.