Farroh, Karimatul (2023) Penggunaan Media Wayang Kartun Melalui Model Paired Storytelling Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman (PTK di Kelas IV MIS Nurul Hasanah Sukaharja Kecamatan Sindang Jaya Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_171240093_Cover.pdf Download (102kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240093_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240093_BAB I.pdf Download (256kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_171240093_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (343kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240093_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (373kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240093_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (568kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_171240093_BAB V.pdf Download (90kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240093_Daftar Pustaka.pdf Download (173kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media wayang kartun melalui model paired storytelling untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman di kelas IV MIS Nurul Hasanah Sukaharja. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Nurul Hasanah Sukaharja yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi tentang tindakan guru dan siswa, serta data tes kemampuan membaca pemahaman untuk siswa. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa penggunaan media wayang kartun melalui model paired storytelling di kelas IV MIS Nurul Hasanah Sukaharja terlaksana dengan baik dan berkategori sangat baik. Kemudian kemampuan membaca pemahaman pada materi cerita fiksi setelah menggunakan menggunakan media wayang kartun media wayang kartun melalui model paired storytelling di kelas IV MIS Nurul Hasanah Sukaharja mengalami peningkatan. Hasil kemampuan membaca pemahaman pada siklus I observasi aktivitas siswa memperoleh nilai persentase 72,72% dengan kualifikasi cukup baik, pada siklus II meningkat dengan memperoleh nilai persentase 90,9% dengan kualifikasi sangat baik, dan kemampuan membaca pemahaman mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari penilaian tes kemampuan membaca pemahaman dari pra siklus hingga siklus II. Nilai hasil rata-rata pada pra siklus yaitu 59,58, pada siklus I memperoleh nilai rat-rata 64,16 dan pada siklus II nilai rata-rata mencapai 76,67. Selain itu hasil persentase ketuntasan kemampuan membaca pemahama siswa pada pra siklus memiliki persentase 45,83%, siklus I memiliki persentase 58,33%, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase 100%.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Wayang Kartun, Model Paired Storytelling, Kemampuan Membaca Pemahaman |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 16 Mei 2023 03:06 |
Perubahan Terakhir: | 16 Mei 2023 03:06 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12431 |
Actions (login required)
Lihat Item |