Strategi Pengembangan Keagamaan Siswa SMP Plus

Fauzi, Anis and Rosidah, Rosidah and Akbar, Muhammad (2023) Strategi Pengembangan Keagamaan Siswa SMP Plus. JoIEM: Jurnal of Islamic Education Management, 4(1). pp. 68-83. ISSN 2722-5534

[img] Teks
Strategi Pengembangan Keagamaan Siswa SMP Plus.pdf

Download (104kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membimbing, membimbing dan membina siswa dan siswi SMP Plus Bina Insan Kamil agar dapat lebih mengetahui ajaran Islam apa saja yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah maupun di luar sekolah. Diantara kegiatan keagamaan yang dilaksanakan oleh SMP Bina Insan Kamil adalah Sholat Dhuha berjamaah, membaca surat Yaasin setelah sholat dhuha, latihan pidato tiga bahasa (Bahasa Indonesia, Inggris, Arab), kegiatan Manaqiban, Tilawatil Al-Qur' an, kegiatan Khataman Al-Qur'an, Mabit. hari raya Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kegiatan keagamaan dapat menumbuhkan motivasi dalam hal berperilaku atau melakukan kegiatan sesuai ajaran agama. Metode yang digunakan SMP Plus Bina Insan Kamil meliputi metode pembiasaan dan demonstrasi dengan melalui tahapan persiapan, pelaksanaan, refleksi dan evaluasi. Adanya strategi pembinaan kegiatan keagamaan yaitu menumbuhkan motivasi dalam berperilaku sesuai ajaran agama dan syariat Islam serta memotivasi santri untuk selalu membaca Al-Qur’an dengan tuntunan tajwid sesuai dengan kaidahnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat perubahan sikap siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung di dalam kelas. Faktor pendukung kegiatan ini adalah kerjasama antar guru, antusiasme siswa, tata tertib sekolah, dan sarana prasarana yang memadai.

Tipe Item/Data: Artikel
Kata Kunci (keywords): Pembinaan, Pengembangan, Agama, Kemahasiswaan, Strategi
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 15 Mei 2023 01:54
Perubahan Terakhir: 15 Mei 2023 01:54
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12425

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.