Supardi, Supardi (2017) Statistik Penelitian Pendidikan. Rajawali Pers, Depok. ISBN 978-602-425-046-6
|
Gambar
Cover_Statistik-Penelitian-Pendidikan-Supardi.png Download (168kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Statistik menurut arti kata merupakan kumpulan bahan keterangan yang berupa angka atau bilangan. Statistik sebagai suatu kegiatan meliputi pengumpulan data, penyusunan data, pengumuman dan pelaporan, dan analisis data. Statistik sebagai metode merupakan suatu cara memecahkan permasalahan dengan cara mengumpulkan data, menyusun dan mengatur, menyajikan, menganalisis serta memberikan interpretasi dan kesimpulan terhadap suatu masalah yang sedang dihadapi. Statistik digolongkan menjadi statistik deksriptif dan statistik inferensial. Statistik deskriptif mongorganisasikan dan menganalisa serta memberikan pengertian mengenai data (keadaan, gejala, persoalan) dalam bentuk angka agar dapat diberikan gambaran secara teratur, ringkas dan jelas. Statistik inferensial menyediakan aturan-aturan atau cara yang dapat dipergunakan sebagai alat dalam rangka mencoba menarik suatu kesimpulan yang bersifat umum maupun yang bersifat khusus dari sekumpulan data yang telah diolah serta penyusunan atau pembuatan ramalan dan penaksiran. Statistik dibutuhkan dalam kehidupan manusia untuk mengolah data-data yang berbentuk angka maupun bukan angka yang diangkakan agar dapat dideskripsikan, disajikan, dijelaskan, dinterpretasikan dan ditarik kesimpulan secara deskriptif maupun inferensial. Pengetahuan, pemahaman dan aplikasi statistik secara deskriptif meliputi rata-rata, median, modua, desil, quartil, persentil, distribusi frekuensi, grafik, simpangan, varians, simpangan baku, bilangan baku dan koefisien variasi. Hal ini diperlukan agar dapat melakukan perhitungan, penyajian, penafsiran, dan penarikan kesimpulan statistik secara deksriptif. Pengetahuan, pemahaman dan aplikasi statistik inferensial meliputi: hipotesis, fomulasi statistik, kriteria pengujian, signifikansi dan tingkat kepercayaan serta derajat kebebasan yang diperlukan dalam pengujian hipotesis penelitian. Hal ini diperlukan agar dapat melakukan perhitungan, penyajian, penafsiran, dan penarikan kesimpulan statistik secara inferensial melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda instrumen. Analisis korelasi, regresi, komparasi, varians dan analisis jalur.
Tipe Item/Data: | Buku |
---|---|
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | Dr Supardi Supardi |
Tanggal Disetorkan: | 08 Mei 2023 01:27 |
Perubahan Terakhir: | 08 Mei 2023 01:27 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12378 |
Actions (login required)
Lihat Item |