Penilaian Autentik Pembelajaran Efektif, Kognitif, dan Psikomotor: Konsep dan Aplikasi

Supardi, Supardi (2015) Penilaian Autentik Pembelajaran Efektif, Kognitif, dan Psikomotor: Konsep dan Aplikasi. Rajawali Pers, Depok. ISBN 978-979-769-886-7

[img]
Pra Tinjau
Gambar
Cover_Penilaian-Pembelajaran-Autentik-155-X-23-flatten-katalog.jpg

Download (867kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran merupakan bagian yang tidak terpisahakan dari perencanaan maupun pelaksanaan proses pembelajaran guru. Agar penilaian dapat dilaksanakan dengan baik perlu dilakukan secara autentik. Penilaian autentik merupakan penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan, proses, dan keluaran pembelajaran. Penilaian autentik dilakukan untuk mengukur kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan maupun kompetensi keterampilan. Implementasi penilaian autentik bertujuan mengahasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan secara terintegrasi. Buku ini mencoba menguraikan penilaian autentik pembelajaran afektif, kognitif, dan psikomotor mulai dari pembuatan dan uji instrumen, penskoran, konversi nilai dan laporan hasil penilaian dan penetapan Kriteria Ketuntasan Minimum secara teoritik maupun implementatif. Buku ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi mahasiswa Fakultas Keguruan dan tenaga pendidik untuk dapat dijadikan pedoman dalam pelaksanaan penilaian pembelajaran.

Tipe Item/Data: Buku
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: Dr Supardi Supardi
Tanggal Disetorkan: 08 Mei 2023 01:31
Perubahan Terakhir: 08 Mei 2023 01:31
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12377

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.