Studi Komparatif Metode Yanbu’a, Metode Sorogan, dan Metode Tahsin dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an (Studi Di Pondok Pesantren Modern Darunna'im Rangkasbitung)

Suwandi, Iwan (2023) Studi Komparatif Metode Yanbu’a, Metode Sorogan, dan Metode Tahsin dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an (Studi Di Pondok Pesantren Modern Darunna'im Rangkasbitung). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610023_COVER.pdf

Download (79kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610023_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610023_BAB I.pdf

Download (406kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_PAI_192610023_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (441kB)
[img] Teks
T_PAI_192610023_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (345kB)
[img] Teks
T_PAI_192610023_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (501kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610023_BAB V.pdf

Download (77kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610023_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh pondok pesantren modern Darunna'im Rangkasbitung Lebak Banten dalam memingkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada santri dengan menggunakan tiga metode yaitu metode yanbu'a, metode sorogan dan metode tahsin. Ada tiga permasalahan yang dikaji di dalam tesis ini yaitu: (1) Apa upaya pondok dalam meningkatkan kemampuan bacaan Al-Qur‟an santri di Pondok Pesantren Modern Darunna‟im?, (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di kalangan santri Terhadap metode yanbu'a, metode sorogan dan metode tahsin di Pondok Pesantren Modern Darunna'im?, (3) Bagaimana metode yang diterapkan dalam mengatasi hambatan meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di kalangan Santri di Pondok Pesantren Modern Darunna'im?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode yanbu'a, metode sorogan dan metode tahsin, mengetahui faktor pendukung dan penghambat serta mengetahui cara untuk mengatasi hambatan dalam meingkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada santri. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriftif. Penelitian kualitatif bertujuan untuk mendapatkan data yang mendalam dan suatu data yang mengandung makna. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah Pondok Pesantren Modern Darunna'im menggunakan metode yanbu'a, metode sorogan dan metode tahsin sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada santri-santrinya. Setiap metode memiliki faktor pendukung dan penghambatnya masing-masing. Adapun cara untuk menangani hambatan dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada santri diantaranya: Melaksanakan pengontrolan disetiap program atau metode yang dijalankan, Melaksanakan evaluasi secara konsisten dan meninndak lanjuti hasil evaluasi, Memperhatikan sumber daya manusia (SDM) yang menjadi penggerak utama dalam setiap program yang dijalankan, Memberikan tindakan tegas kepada santri yang kurang sungguh-sungguh dalam mengikuti pembelajaran membaca Al-Qur'an, Ikhlas dan semangat dalam melaksanakan tugas yang diamanahkan oleh pondok.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Komparatif, Metode, Kemampuan Membaca Al-Qur'an
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisi: PASCASARJANA > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 02 Mei 2023 01:53
Perubahan Terakhir: 02 Mei 2023 01:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12347

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.