Implementasi Supervisi Pengawas dan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Tenaga Pendidik (Studi di Madrasah Tasanawiyah dan Madrasah Aliyah Zainabiyah)

Arief, Iqbal Maulana (2023) Implementasi Supervisi Pengawas dan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Tenaga Pendidik (Studi di Madrasah Tasanawiyah dan Madrasah Aliyah Zainabiyah). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_182630008_Cover.pdf

Download (19kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_182630008_Lampiran Depan.pdf

Download (492kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_182630008_BAB I.pdf

Download (262kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_MPI_182630008_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (592kB)
[img] Teks
T_MPI_182630008_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (497kB)
[img] Teks
T_MPI_182630008_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (159kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_182630008_BAB V.pdf

Download (50kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_MPI_182630008_Daftar Pustaka.pdf

Download (146kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pentingnya kinerja tenaga pendidik akan menghasilkan kegiatan belajar mengajar serta mutu pendidikan di lingkungan sekolah dan meningkatkan kepercayaan masyarakat. Dengan supervisi pengawas dan kepala madrasah diharapkan dapat lebih meningkatkan kinerja tenaga pendidik, dalam hal ini peran supervisor akan berpengaruh dalam peningkatan kinerja dan mutu pendidikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana implementasi supervisi pengawas dan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja tenaga pendidik?; (2) bagaimana faktor penghambat dan pendukung implementasi supervisi pengawas dan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja tenaga pendidik?; (3) bagaimana upaya dan strategi dalam implementasi supervisi pengawas dan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja tenaga pendidik?; tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui implementasi supervisi pengawas dan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja tenaga pendidik, (2) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung implementasi supervisi pengawas dan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja tenaga pendidik; (3) untuk mengetahui upaya dan strategi implementasi supervisi pengawas dan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja tenaga pendidik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriftif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dalam upaya mendeskripsikan implementasi supervisi pengawas dan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja tenaga pendidik di Madarasah Tsanawiyah dan Madarasah Aliyah Zainabiyah Kecamatan Pagelaran Kabupaten Pandeglang, dengan narasumber dari dari Kepala Sekolah, Pengawas dan Tenaga Pendidik Hasil penelitian ini adalah implementasi supervisi pengawas dan kepala seklah dalam peningkatan kinerja tenaga pendidik di Madarasah Tsanawiyah dan Madarasah Aliyah Zainabiyah Kecamatan pagelaran kabupaten Pandeglang secara umum telah dilaksanakan dengan baik dengan tahapan-tahapan yang dilakukan sesuai dengan aturan dan regulasi baik mulai tahapan perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi dan evaluasi supervisi. Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam prosesnya. Upaya kepala sekolah dalam peningkatan kinerja pun dirasa belum optimal. Beberapa diantaranya adalah kompetensi tenega pendidik, sarana dan prasarana, biaya dan peran serta pemerintah untuk pelatihan dan peningkatan kesejahteran tenaga pendidik. Tentu ini menjadi masalah yang umum terjadi baik sekolah negeri maupun swasta. Sehingga upaya dan strategi yang dilakukan kepala sekolah adalah dengan mengikuti pelatihan, ataupun menjalin kerja sama dengan pihak pemerintah terkait kebutuhan diklat dan pemenuhan sarana prasarana dan biaya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Supervisi Kepala Madrasah, Pengawas, Peningkatan Kinerja Tenaga Pendidik
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 28 Apr 2023 04:00
Perubahan Terakhir: 28 Apr 2023 04:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12333

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.