Pola Komunikasi Dakwah Guru Aqidah Akhlak dalam Membina Akhlak Siswa pada MI Daarul Huda Rancailat Tangerang

Fachruroji, Fachruroji (2023) Pola Komunikasi Dakwah Guru Aqidah Akhlak dalam Membina Akhlak Siswa pada MI Daarul Huda Rancailat Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_153300655_COVER.pdf

Download (38kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_153300655_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (622kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_153300655_BAB I.pdf

Download (347kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_KPI_153300655_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (341kB)
[img] Teks
S_KPI_153300655_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (288kB)
[img] Teks
S_KPI_153300655_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (501kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_153300655_BAB V.pdf

Download (213kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_153300655_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kegiatan belajar mengajar atau proses pembelajaran bisa juga disebut sebagai proses dakwah. Sama seperti dakwah, dilihat dari maksud dan tujuannya, proses pembelajaran bertujuan untuk memberikan efek perubahan yang lebih baik dari suatu kondisi kepada kondisi lainnya. Perubahan tersebut meliputi aspek pengetahuan (kognitif), sikap (afektif), dan keterampilan (psikomotorik). Terlepas dari perspektif apa pembelajaran dan dakwah itu diteliti, apakah proses pembelajaran itu merupakan bagian dari kegiatan dakwah atau sebaliknya, pembelajaran dan dakwah akan melibatkan banyak faktor dan aktor, metode dan strategi, serta kontak dan konteks. Berdasarkan argumentasi tersebut, penelitian tentang dakwah di lembaga pendidikan seperti Madrasah Ibtidaiyah (MI) Daarul Huda Rancailat Tangerang masih relevan untuk dikaji Secara etimologis, strategi komunikasi dakwah merupakan teori komunikasi yang diarahkan pada proses terjadinya kesadaran diri dan efek perubahan terhadap pendapat, perilaku, karakter, sikap, akhlak, dan keyakinan akan kebenaran ajaran Islam. Berdasarkan hal tersebut, perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode „athifi (strategi sentimental), metode ‘aqli (strategi rasional), dan metode tajribi (strategi experimental) yang diterapkan oleh guru Aqidah Akhlaq dalam membina akhlaq siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Daarul Huda Rancailat Tangerang? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Tujuan penelitian kualitatif adalah untuk menganalisa suatu fenomena sosial secara natural dengan fokus pada proses interaksi komunikasi yang mendalam (in-depth communication) antara peneliti dengan objek penelitian itu sendiri. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, ditarik kesimpulan bahwa strategi komunikasi dakwah dengan metode ‘athifi (strategi sentimental), metode ‘aqli (strategi rasional), dan metode tajribi (strategi experimental) yang diterapkan oleh guru Aqidah Akhlaq di MI Daarul Huda Rancailat Tangerang dianggap berhasil dalam membina akhlaq siswa. Hal tersebut terlihat pada kegiatan-kegiatan pembelajaran dan dakwah di dalam maupun di luar kelas yang berfokus kepada program peningkatan kompetensi sikap sosial dan kompetensi sikap spiritual seperti latihan pidato (muhadharah), munazharah (diskusi), mujadalah (debat), tabaru’ah (fund raising), qiyas, tafakkur, taamul, tadabbur, dan sebagainya. Guru, dalam hal ini, memberikan pengawasan (muraqabah), briefing dengan nasihat kebaikan (mau’izah hasanah), dan terjun langsung dengan memberikan contoh sikap dan perilaku baik (uswah dan qudwah hasanah).

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi Sentimental, Strategi Rasional, Strategi Eksperimental
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 27 Apr 2023 08:00
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12327

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.