Laporan Tracer Study Alumni Program Studi KPI Tahun Lulus 2018-2022

Muhibuddin, Muhibuddin (2023) Laporan Tracer Study Alumni Program Studi KPI Tahun Lulus 2018-2022. Fakultas Dakwah, Serang. (Diserahkan (Submitted))

[img]
Pra Tinjau
Teks
LAPORAN TRACER STUDY DAN USER PRODI KPI TAHUN LULUS 2018-2022_compressed.pdf

Download (2MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Alumni merupakan produk utama dari institusi pendidikan, sehingga dirasakan perlu mengetahui keberadaan alumni setelah lulus. Peranan alumni dalam memajukan kualitas suatu intitusi Pendidikan formal perlu diukur, yang kemudian dilakukan dengan melakukan penelusuran alumni melalui tracer study. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif. Penggalian data dilakukan melalui kuesioner/survei, yang mana hasil survei tersebut tentunya menghasilkan angka yang menjadi bahan yang ditafsirkan secara deskriptif. Argumen dalam tulisan ini menghasilkan empat aspek, aspek yang pertama Profil Alumni Prodi KPI Fakultas Dakwah dapat digambarkan bahwa berdasarkan masa studi alumni rata-rata alumni menempuh Pendidikan di Prodi KPI adalah selama 4,0 tahun, rata-rata IPK 3,50 dan masa tunggu pekerjaan selama 4 bulan setelah kelulusan. Aspek kedua yaitu pengembangan karir atau usaha mandiri, Prodi KPI dinilai banyak memberikan kontribusi kepada para alumni terhadap pekerjaan atau profesinya dengan skor di atas nilai 4. Aspek ketiga yaitu proses pembelajaran dan kondisi fasilitas perkuliahan yang mempengaruhi jenjang karir dinilai sangat menunjang dan memberikan kontribusi yang besar bagi alumni, dan Aspek keempat survey pengguna lulusan, rata-rata mengaku mengenal secara baik antara 1 sampai 5 tahun alumni bekerja dengan prosentase 58%. Adapun nilai rata-rata dari 8 (delapan) aspek, nilai rata-rata tertinggi ada dalam aspek kemampuan berkomunikasi sebesar 3,71 dan nilai rata-rata terendah adalah aspek kemampuan berbahasa asing sebesar 2,64 Penelitian ini memiliki keterbatasan baik dari aspek skup wilayah dan obyek kajian, sehingga menyarankan adanya penelitian lanjutan yang lebih komprehensif.

Tipe Item/Data: Buku
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi > 384 Communications; telecommunication
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: M.Si. Muhibuddin
Tanggal Disetorkan: 17 Apr 2023 06:17
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12174

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.