تطوير وسيلة تعليم كتاب الجيب في ترقية مهارة الكتابة (بحث تطويري في فصل دورة اللغة العربية بمعهد نور الفلاح التربية الإسلامية كوبانج)

Auliya, Abid Ali (2023) تطوير وسيلة تعليم كتاب الجيب في ترقية مهارة الكتابة (بحث تطويري في فصل دورة اللغة العربية بمعهد نور الفلاح التربية الإسلامية كوبانج). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
PBA_171220084_COVER.pdf

Download (258kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
PBA_171220084_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (722kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
PBA_171220084_BAB I.pdf

Download (468kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
PBA_171220084_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (556kB)
[img] Teks
PBA_171220084_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (644kB)
[img] Teks
PBA_171220084_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (672kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
PBA_171220084_BAB V.pdf

Download (154kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
PBA_171220084_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (332kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan dalam pembelajaran imla dengan menggunakan media ajar buku saku di kelas bahasa pondok pesantren Nur El-Falah Kubang. Kemampuan berbahasa arab mencakup 4 macam; istima’, kalam, qiro’ah, kitabah. Dan kemampuan yang paling penting adalah kitabah dalam pembelajaran bahasa arab. Murid harus mampu menguasai keterampilan tersebut, tetapi sebagian besar muriddi pondok pesantren Nur El-Falah Kubang mereka merasa kesulitan dalam menulis bahasa arab, sebagian besar mereka tidak paham cara menulis bahasa arab dengan baik dan bena, dengan sebab guru tidak menggunakan media pembelajaran yang sesuai. Dari sebagian tujuan pembelajaran bahasa arab adalah murid mampu menulis bahasa arab dengan baik dan benar. Maka dari itu peneliti memulai mengembangkan media pembelajaran buku saku dalam meningkatkan kemampuan menulis dalam bahasa arab. Untuk mencapai tujuan tersebut, menggunakan penelitian jenis penelitian (R&D) Research and Development, peneliti menggunakan teori pengembangan Borg and Gall. Langkah-langkah pengembangan buku saku dalam pengajaran menulis ada sepuluh langkah, namun peneliti menggunakan lima langkah. Untuk mencapai tujuan yang diinginkan, peneliti menggunakan pendekatan pengembangan. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar buku saku ditunjukkan dengan hasil pre-test sebesar 54,5% dan hasil post test 85,15% pengembangan bahan ajar buku saku. Dapat dikatakan sebagai sarana pendidikan yang digunakan secara efektif dan dapat meningkatkan kemampuan menulis murid di pondok pesantren Nur El-Falah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media ajar, buku saku, pengajaran menulis
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 14 Apr 2023 04:47
Perubahan Terakhir: 14 Apr 2023 08:42
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12108

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.