Hasanah, Putri Uswatun (2017) Strategi Informasi Komunikasi dalam Pemerintahan Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks (COVER)
COVER SKRIPSI PUTRI.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (51kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
skripsi bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (270kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
skripsi bab II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (472kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
skripsi bab III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (281kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
skripsi bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (92kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (85kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada era keterbukaan informasi publik, dimana masyarakat semakin bersikap kritis dan haus akan informasi. Bagian Kominfo Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Serang dituntut untuk berani memberikan informasi dengan jelas secara terbuka dan akuntabel. dengan cara-cara yang baik dan benar sehingga dapat diterima oleh masyarakat. Dalam mengoptimalkan fungsinya sebagai penyelenggara layanan Informasi publik, Bagian Kominfo Setda Pemkab Serang memiliki peran penting dalam mengelola informasi publik sebagai penghubung komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah daerah. Strategi dan praktik-praktik kehumasan dalam masyarakat demokrasi haruslah melayani informasi yang akurat dan berjalan secara dua arah, sehingga mampu menciptakan keharmonisan di dalam pemerintahan yang bertujuan menjaga stabilitas citra pemerintah. Dari latar belakang di atas maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Strategi Informasi Komunikasi Bagian Kominfo di Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Serang, 2) Bagaimana Peran Bagian Kominfo Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Serang, 3) Apa saja Faktor Pendukung dan Penghambat Bagian Kominfo Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Serang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Strategi Informasi Komunikasi Bagian Kominfo di Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Serang, 2) Peran Bagian Kominfo Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Serang, 3) Faktor Pendukung dan Penghambat Bagian Kominfo Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Serang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan deskriptif analisis, yaitu penelitian yang bertujuan membuat deskripsi secara sistematis, faktual, dan akurat tentang fakta-fakta dan sifat-sifat populasi atau objek tertentu. Dengan teknik pengumpulan data didapat dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: Pelaksanaan strategi yang ada pada Bagian Kominfo Setda Pemkab Serang menggunakan beberapa tahapan yaitu pembuatan aplikasi-aplikasi online, pertukaran data antar setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), media center, kerjasama Pers, dan keterlibatan Masyarakat. Tahapan strategi tersebut bertujuan membuka ruang bagi publik untuk mengetahui berbagai informasi, memberikan informasi pembangunan, serta memberikan informasi terbaru lewat media elektronik maupun media cetak. Dan dengannya tugas yang diemban oleh Bagian Kominfo, untuk mengkomunikasikan dan menginformasikan kepada publik terkait kebijakan-kebijakan dalam pemerintahan. dengan begitu peran bagian Kominfo Setda Pemkab Serang selain melaksanakan fungsinya sebagai penyelenggara komunikasi, juga berperan sebagai pengelola aspirasi dan reaksi publik atau opini publik. Adapun Faktor pendukung dalam pelaksanaan tugas Bagian Kominfo Setda Pemkab Serang diantaranya adalah sarana fasilitas kantor sudah lengkap, dukungan anggaran sebagai pelaksanaan sistem kerja kominfo telah disiapkan cukup besar, Staff yang ada pada Bagian Kominfo memiliki kemampuan sesuai dengan bidangnya, dan hubungan dengan media massa terjalin cukup baik. Kendala yang sering kali dihadapi dalam pelaksanaan tugas yaitu birokrasi masih ragu-ragu untuk memberikan informasi kepada masyarakat takut menjadi viral, dan terkadang pemohon informasi tidak murni meminta informasi/memiliki agenda atau tujuan lain dan faktor yang paling mendasar terletak pada pola pikir masyarakat yang masih awam tentang setiap kebijakan pemerintah serta budaya yang masih sangat tradisional yang mengikat pada budaya materi.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Strategi Informasi, Komunikasi dalam Pemerintahan |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi > 384 Communications; telecommunication |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 16 Aug 2017 04:25 |
Perubahan Terakhir: | 26 Mar 2024 03:32 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1200 |
Actions (login required)
Lihat Item |