Firdaus, Arif Miftahul (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Menggunakan Adobe Animate untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMAN 8 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210145_Cover.pdf Download (127kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210145_Lampiran Depan.pdf Download (2MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210145_BAB I.pdf Download (136kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210145_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (578kB) |
||
Teks
S_PAI_181210145_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (168kB) |
||
Teks
S_PAI_181210145_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (2MB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210145_BAB V.pdf Download (74kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210145_Daftar Pustaka.pdf Download (109kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan untuk 1) mengetahui proses pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Menggunakan Adobe Animate, 2) mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Menggunakan Adobe Animate, 3) mengetahui efektivitas Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Menggunakan Adobe Animate untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMAN 8 Kota Serang. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu metode penelititan Research and Development (R&D) dengan memakai model pengembangan 4D (Four D Model) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, model pengembangan 4D (Four D Model) terdiri dari 4 tahap (Define, Design, Develop, Desseminate). Tahap define yaitu mendefinisikan permasalahan dalam pembelajaran, didalamnya terdapat analisis front-end, analisis tugas, analisis tujuan pembelajaran dan analisis konsep. Tahap design yaitu merancang produk media pembelajaran PAI berbasis Adobe Animate dan instrumen penelitian. Tahap develop yaitu menguji kelayakan produk oleh validator ahli dan guru PAI. Tahap disseminate yaitu melakukan penyebaran media pembelajaran PAI berbasis Adobe Animate dalam skala luas. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah adalah angket validasi dan soal tes. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi ahli dan soal pretest serta posttest. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif dengan menggunakan rumus n-gain. Hasil penelitian diperoleh dari ahli media, ahli materi dan guru mata pelajaran PAI didapatkan skor rerata berturut-turut 4,1, 4,08 dan 4,9 jika dirata-ratakan masuk pada kriteria “sangat baik”. Hasil pengujian produk dengan memberikan soal pretest dan posttest dengan perhitungan nilai n-gain diperoleh hasil skor rata-rata yaitu 0,67 masuk kategori sedang, sehingga dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan media pembelajaran PAI berbasis Adobe Animate.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Pembelajaran PAI, Adobe Animate, Hasil Belajar |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 12 Apr 2023 06:59 |
Perubahan Terakhir: | 12 Apr 2023 06:59 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11972 |
Actions (login required)
Lihat Item |