Firdaus, Arif Fakih (2023) Implementasi Metode Baghdadiyah Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Siswa Pada Mata Pelajaran BTQ (Studi di SD Negeri Kibabang Kecamatan Cikande Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210087_Cover.pdf Download (160kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210087_Lampiran Depan.pdf Download (606kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210087_BAB I.pdf Download (465kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210087_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (737kB) |
||
Teks
S_PAI_181210087_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (279kB) |
||
Teks
S_PAI_181210087_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (260kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210087_BAB V.pdf Download (402kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210087_Daftar Pustaka.pdf Download (245kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: Untuk mengetahui pelaksanaan metode Baghdadiyah pada mata pelajaran BTQ di SD Negeri Kibabang Kecamatan Cikande Kabupaten Serang, dan Untuk Mengetahui kendala yang dihadapi dalam pembelajaran metode Baghdadiyah pada mata pelajaran BTQ di SD Negeri Kibabang Kecamatan Cikande Kabupaten Serang. Manfaat dari penelitian ini untuk meningkatkan kualitas membaca Alquran Siswa pada Mata Pelajaran BTQ dan diharapkan mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca Al-Qur’an di SD Negeri Kibabang Kecamatan Cikande Kabupaten Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kualitatif Research dengan pendekatan deskriptif Kualitatif. Penelitian dilakukan di SD Negeri Kibabang Kecamatan Cikande Kabupaten Serang. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Penggunaan metode Baghdadiyah dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa di SD Negeri Kibabang Kecamatan Cikande Kabupaten Serang dilakukan dalam bentuk kegiatan pembiasaan yang dijadwalkan setiap hari selama hari efektif belajar dan dilaksanakan sebelum proses kegiatan belajar mengajar dimulai. 2. Bentuk implementasi metode Baghdadiyah terhadap siswa di SDN Kibabang Kecamatan Cikande Kabupaten Serang dilakukan dengan cara siswa dikumpulkan di mushola sekolah. 3. Hasil dari penggunaan metode Baghdadiyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an yaitu mengalami peningkatan dalam hal belajar membaca Al-Qur’an, siswa dan siswi di SDN Kibabang Kecamatan Cikande Kabupaten Serang sangat antusias dalam pembelajaran ini.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Metode Baghdadiyah, Kemampuan Membaca Al-Qur’an |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 12 Apr 2023 04:25 |
Perubahan Terakhir: | 12 Apr 2023 04:25 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11970 |
Actions (login required)
Lihat Item |