Penerapan Metode Bi Al-Qolam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Nurul Huda As-Shofwani Cibeber Cilegon Banten

Rosyid, Abdul (2023) Penerapan Metode Bi Al-Qolam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Nurul Huda As-Shofwani Cibeber Cilegon Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210104_Cover.pdf

Download (80kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210104_Lampiran Depan.pdf

Download (576kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210104_BAB I.pdf

Download (330kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_161210104_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (555kB)
[img] Teks
S_PAI_161210104_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (99kB)
[img] Teks
S_PAI_161210104_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (459kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210104_BAB V.pdf

Download (86kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_161210104_Daftar Pustaka.pdf

Download (188kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan Metode Bi Al-Qolam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Di Pondok Pesantren Nurul Huda As-Shofwani Cibeber Cilegon Banten. Latar belakang penelitian ini adalah Guru masih menggunakan metode sorogan sehingga santri merasa bosan terhadap pembelajaran membaca al-Qur’an. Berdasarkan hal itu, maka dilakukan pembaruan metode agar dapat membaca dan mempelajari serta mengamalkan al-Qur’an sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, makhorijul huruf, serta mampu mengucapkan bunyi panjang maupun pendek menggunakan metode Bi al-Qolam dalam pembelajaran membaca al-Qur’an yang harus dikuasai oleh santri Pondok Pesantren Nurul Huda as-Shofwani Cibeber Cilegon Banten. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan peneliti sendiri dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mengorganisasikan dan mengurutkan data sehingga menarik kesimpulan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan metode Bi al-Qolam dan mendeskripsikan metode Bi al-Qolam ini dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri Pondok Pesantren Nurul Huda as-Shofwani Cibeber Cilegon Banten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Bi al-Qolam dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada santri Pondok Pesantren Nurul Huda as-Shofwani Cibeber Cilegon Banten dilakukan dengan cara pembiasaan kepada santri sehingga berjalan dengan baik saat siswa mengikuti pembelajaran menggunakan metode Bi al-Qolam dan secara kualitatif deskriptif metode Bi al-Qolam dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri Pondok Pesantren Nurul Huda as-Shofwani Cibeber Cilegon Banten.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode, Bi al-Qolam, Membaca, al-Qur’an
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 12 Apr 2023 02:11
Perubahan Terakhir: 12 Apr 2023 02:13
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11958

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.