Kesehatan Mental Dalam Perspektif Al-Qur'an (Studi Komparatif Tim Penyusun Antara Tafsir Al-Qur'an Tematik Kementerian Agama R.I dan At-Tafsir Al-Munir Fi Aqidah Tariqah wa Manhaj)

Ramadhani, Shafira (2023) Kesehatan Mental Dalam Perspektif Al-Qur'an (Studi Komparatif Tim Penyusun Antara Tafsir Al-Qur'an Tematik Kementerian Agama R.I dan At-Tafsir Al-Munir Fi Aqidah Tariqah wa Manhaj). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_171320092_COVER.pdf

Download (232kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_171320092_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (750kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_171320092_BAB I.pdf

Download (290kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_IAT_171320092_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (278kB)
[img] Teks
S_IAT_171320092_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (272kB)
[img] Teks
S_IAT_171320092_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (416kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_171320092_BAB V.pdf

Download (8kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_171320092_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Kesehatan mental dari perspektif Islam merupakan suatu kemampuan diri individu dalam mengelola fungsi-fungsi kejiwaan dan terciptanya penyesuaian dengan diri sendiri, orang lain, maupun lingkungan sekitarnya secara dinamis berdasarkan Al-Qur'an dan As-Sunnah sebagai pedoman hidup menuju kebahagiaan dunia dan akhirat. Pandangan Islam tentang gangguan jiwa tidak jauh berbeda dengan pandangan para ahli kesehatan mental pada umumnya. Peranan agama Islam dapat membantu manusia dalam mengobati jiwanya dan membina kondisi kesehatan mental. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penafsiran ayat-ayat tentang kesehatan mental dalam Tafsir Kemenag dan Tafsir Munir? 2) Bagaimana persamaan dan perbedaan penafsiran ayat-ayat tentang kesehatan mental dalam Tafsir Kemenag dan Tafsir Munir? Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam kajian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penafsiran ayat-ayat tentang kesehatan mental dalam Tafsir Kemenag dan Tafsir Munir. 2) Untuk mengetahui persamaan dan perbedaan penafsiran ayat-ayat tentang kesehatan mental dalam Tafsir Kemenag dan Tafsir Munir. Skripsi ini ditulis dengan menggunakan metode penelitian pustaka (Library Research), ialah kegiatan mengumpulkan informasi dan data dengan meneliti buku-buku kepustakaan serta karya-karya ilmiah dalam bentuk lainnya. Dan menggunakan sumber primer dalam penelitian ini adalah TafsirKemenag dan Tafsir Munir. Menurut tafsir Kemenag menjelaskan dengan secara rinci tentang kesehatan mental mulai dari cara kita menjaga keimanan kita hingga cara bersosialisasinya, sedangkan dalam tafsir Munir menjelaskan bagaimana kita menjaga hati kita supaya tetap mengingat Allah dan Rasul-Nya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kesehatan Mental dan Al-Qur’an
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.1 Falsafah > 2x7.12 Periodisasi falsafah Islam
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 04 Apr 2023 07:23
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2023 07:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11847

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.