Efektivitas Program (Pusaka Sakinah) Sebagai Upaya Preventif KUA Kec. Balaraja Dalam Meminimalisir Perceraian Di Masa Pandemi Covid-19

Hermawan, Dadan Furqon (2023) Efektivitas Program (Pusaka Sakinah) Sebagai Upaya Preventif KUA Kec. Balaraja Dalam Meminimalisir Perceraian Di Masa Pandemi Covid-19. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110154_COVER.pdf

Download (172kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110154_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (909kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110154_BAB I.pdf

Download (399kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_HKI_181110154_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (330kB)
[img] Teks
S_HKI_181110154_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (273kB)
[img] Teks
S_HKI_181110154_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (248kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110154_BAB V.pdf

Download (10kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_HKI_181110154_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Sebuah hubungan rumah tangga pastinya tidak selamanya berjalan baik sesuai dengan apa yang sudah kita rencanakan dari kejauhan hari, akan tetapi terdapat beberapa faktor lain yang secara sengaja atau tidak di sengaja menjadi penghambat kerukunan hubungan keluarga, salah satu dampak yang ditimbulkan dengan adanya penghambat tersebut yakni ialah perceraian. Berdasarkan latar belakang dan mengacu pada judul di atas, penulis tertarik untuk meneliti mengenai Efektivitas Pusaka Sakinah Sebagai Upaya Preventif KUA Kec. Balaraja Dalam Meminimalisir Perceraian Di Masa Pandemi Covid-19 dengan rumusan masalah 1) Bagaimana Pelaksanaan Program Pusaka Sakinah di KUA Kec. Balaraja? 2) Bagaimana Strategi Pusaka Sakinah KUA Kec. Balaraja dalam Upaya Meminimalisir Perceraian? 3) Bagaimana Efektivitas Pelaksanaan Pusaka Sakinah KUA Kec. Balaraja dalam Upaya Meminimalisir Perceraian?. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program Pusaka Sakinah KUA Kec. Balaraja. 2) Untuk mengetahui strategi Pusaka Sakinah KUA Kec. Balaraja dalam meminimalisir perceraian. 3) Untuk mengetahui efektivitas Pusaka Sakinah dalam meminimalisir perceraian. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan data primer dan data sekunder dari data yang ada di lapangan dan data yang sudah ada yang diperoleh dari KUA dan lembaga kemasyarakatan, sehingga dapat mengamati bagaimana pelaksanaan program pusaka sakinah yang dilaksanakan di KUA Kecamatan Balaraja. Pengumpulan data berdasarkan wawancara dengan narasumber terpilih yang mengerti dan terkait langsung dengan program yaitu pegawai KUA, Penghulu dan petugas Penyuluh. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Pelaksanaan program Pusaka Sakinah di KUA Kec. Balaraja telah terlaksana dengan baik sesuai dengan prosedur pelaksanaan program Pusaka Sakinah. 2) Strategi yang diterapkan oleh Pusaka Sakinah dalam meminimalisir perceraian yakni dengan menjalankan beberapa program yang terdapat dalam Pusaka Sakinah seperti Belajar Rahasia Nikah (BERKAH), Konseling Mediasi Pendampingan Advokasi dan Konsultasi (KOMPAK), dan Layanan Bersama Ketahanan Keluarga Indonesia (LESTARI). 3) Hasil analisis belum semunya efektif dikarenakan adanya beberapa aspek yang mempengaruhi dalam pelaksanaan Pusaka Sakinah tersebut seperti dalam aspek hukum, masyarakat, dan budaya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pusaka Sakinah, Efektivitas, KUA
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.33 Putusnya perkawinan
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 29 Mar 2023 07:23
Perubahan Terakhir: 29 Mar 2023 07:23
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11759

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.