Upaya Meningkatkan Percaya diri Melalui Gerakan Tari Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al- Maaun Kecamatan Kasemen

Nurhasanah, Siti Hajidah Hana (2023) Upaya Meningkatkan Percaya diri Melalui Gerakan Tari Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al- Maaun Kecamatan Kasemen. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260046_Cover.pdf

Download (135kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260046_Lampiran Depan.pdf

Download (820kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260046_BAB I.pdf

Download (328kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PIAUD_181260046_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (222kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260046_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (491kB)
[img] Teks
S_PIAUD_181260046_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (366kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260046_BAB V.pdf

Download (93kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_181260046_Daftar Pustaka.pdf

Download (168kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kemampuan rasa percaya diri anak pada usia 5- 6 tahun. Untuk mengetahui pelaksanaan gerakan tari dalam meningkatkan rasa percaya diri pada anak pada usia 5-6 tahun melalui gerakan tari di RA Al-Maaun Kecamatan Kasemen. Untuk menganalisis upaya dalam meningkatkan rasa percaya diri anak melalui kegiatan gerakan tari di RA Al-Maaun Kecamatan Kasemen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Metode pengumpulan data yaitu angket, pengamatan, ujian atau tes, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1. Berdasarkan hasil penelitian percaya diri anak sebelum tindakan yang memiliki kriteria berkembang sangat baik sebanyak 2 anak dengan persentase 25 %. Sementara itu yang memiliki kriteria berkembang sesuai harapan sebanyak 5 anak dengan persentase 50 %, dan yang memiliki kriteria mulai berkembang sebanyak 2 orang dengan persentase 25 %, serta yang belum berkembang sebanyak 0 anak. 2. Kurangnya percaya diri yang dimiliki anak dikarenakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan masih terfokus pada aspek-aspek seperti fisik motorik, kognitif, maupun bahasa, sementara aspek sosial emosional khususnya percaya diri belum dikembangkan secara optimal. 3. Upaya yang di lakukan oleh peneliti dalam mengembangkan rasa percaya diri anak di RA Al Maun Kecamatan Kasemen adalah memberikan perhatian bahwa semua anak berbeda kemampuanya, memberikan role model contoh yang baik, mengajarkan anak untuk mengekspresikan diri melalui perasaan, serta memberikan rasa empati pada anak.Kata kunci: Percaya Diri, Gerakan Tari, Anak Usia Dini 5-6 tahun.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidika Guru Raudhatul Athfal
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 29 Mar 2023 03:41
Perubahan Terakhir: 29 Mar 2023 03:41
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11756

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.